My Cart Items 0
Tips Mencegah Kebas atau Kesemutan saat Bersepeda
Peregangan sebelum sesi. Tetap rileks. Merubah posisi tangan di stang sepeda secara berkala. Menggunakan sarung tangan dengan bantalan empuk. Menggunakan celana khusus sepeda.
1 Juni, 2024 oleh
Tips Mencegah Kebas atau Kesemutan saat Bersepeda
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Melakukan perjalanan yang panjang dan durasi bersepeda yang lama kemungkinan besar menyebabkan tubuh pesepeda kebas atau kesemutan. Biasanya bagian tubuh pesepeda yang kebas seperti telapak tangan, leher, kaki, dan juga area sensitif. Kesemutan ataupun kebas bisa disebabkan karena bagian tubuh tertentu digunakan terlalu berlebihan serta tertekan secara berlebihan sehingga aliran darah pun terhambat. 

Meski begitu, kesemutan berkepanjangan setelah berolahraga tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bisa jadi kesemutan ini merupakan salah satu tanda-tanda cedera atau adanya penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit autoimun, atau kekurangan vitamin.

Cara Mencegah Kesemutan dan Kebas saat Bersepeda

1. Peregangan Sebelum Sesi


Source by Freepik

Lakukanlah peregangan sebelum bersepeda agar otot dan tubuh siap untuk bersepeda. Beberapa contoh peregangan yang bisa dilakukan adalah shoulder reach, high knees, heel toe walk, dan masih banyak lagi. Selain untuk mempersiapkan tubuh agar ready dan ‘panas’ untuk bersepeda, peregangan juga bisa dilakukan sebagai sebuah pencegahan agar terhindar dari cedera dan kesemutan.

2. Tetap Rileks

Usahakan agar tetap rileks dan jangan tegang dalam bersepeda. Terkadang medan yang landai dan sulit membuat kita menjadi tegang. Hal ini lah yang menjadi salah satu pemicu bagian tubuh menjadi kebas dan kesemutan. Jika dirasa sudah mulai tegang atau bahkan kesemutan, berhenti lah sejenak dan regangkan serta istirahatkan tubuh agar tidak cedera.

3. Merubah Posisi Tangan secara Berkala

Setelah bersepeda dalam jangka waktu panjang, tangan akan mulai kebas atau kesemutan. Salah satu hal yang bisa dilakukan saat itu juga adalah merubah posisi tangan secara berkala. Hal ini dapat mengurangi rasa kebas dan kesemutan karena dengan berubahnya posisi tangan bisa merubah titik tumpu dan tekanan. Darah akan kembali lancar karena berpindah posisi. 

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bar tape jika handle yang kamu gunakan berjenis drop bar. Dengan menambahkan bar tape, kamu bisa menambahkan kenyamanan serta bisa sebagai pencegahan agar tidak cepat merasa kebas atau kesemutan. 

4.Menggunakan Sarung Tangan Berbahan Empuk


Gunakanlah sarung tangan khusus untuk bersepeda dengan bahan yang nyaman dan memiliki bantalan yang empuk. Sarung tangan sepeda dirancang khusus agar sesuai dengan genggaman dan segala macam getaran dalam bersepeda sehingga pasti menambah kenyamanan serta keamanan dalam bersepeda.

5. Menggunakan Celana Khusus Bersepeda


Source by Pas Normal Studios

Sama seperti sarung tangan, celana sepeda dirancang khusus agar pengendara sepeda nyaman berkendara. Dengan bahan dan bahkan bantalan khusus, kamu bisa mencegah kesemutan dan kebas di bagian kaki dan area sensitif.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar terhindar dari kesemutan dan kebas. Dalam bersepeda memang tidak mungkin sepenuhnya terhindar dari kesemutan atau kebas karena kita menggunakan tubuh. Namun, ada baiknya jika bisa mencegah dan mengurangi dengan beberapa tips di atas.

Tips Mencegah Kebas atau Kesemutan saat Bersepeda
Cyclopedia Journal
1 Juni, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment