Explore Our Exclusive Promo now

Syarat & Ketentuan

Selamat datang di situs atau aplikasi www.cyclopedia.id (“Situs/Aplikasi”) yang dimiliki oleh PT Surya Bumi Retailindo (selanjutnya disebut “SBR”, “Penjual” atau “Kami”). Anda harus membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Situs/Aplikasi ini sebelum menggunakan, mengakses dan/atau menerima konten yang terdapat di dalamnya (seluruhnya disebut “Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku”). Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku adalah perjanjian antara Pengguna dan SBR yang berisikan seperangkat aturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab, dan tata cara bagi Pengguna dan SBR dalam menggunakan layanan SBR. 

Jika Anda berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun, maka Anda harus telah memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali Anda sebelum Anda (i) mengakses atau menggunakan Situs/Aplikasi ini; (ii) menyetujui Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku; dan/atau (iii) melakukan setiap pembelian atas setiap barang dan/atau jasa yang ditawarkan dalam Situs/Aplikasi ini. 

Dengan mengakses atau menggunakan Situs/Aplikasi (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, melakukan setiap pembelian barang dan/atau jasa yang ditawarkan), Anda dianggap telah (i) memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini; dan/atau (ii) dalam hal Anda berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun, mendapatkan setiap persetujuan orang tua atau wali Anda. 

1. Definisi

1.1. Biaya Lainnya adalah biaya layanan kartu kredit, biaya transfer, biaya layanan dan/atau biaya lainnya yang bukan merupakan Harga Pembelian yang dikenakan oleh SBR, Penyedia Jasa Pembayaran dan/atau Penyedia Jasa Non-Pembayaran. 
1.2. Biaya Pengiriman adalah biaya pengiriman suatu Produk yang dikenakan oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran, dan tidak termasuk dalam Harga Pembelian. 
1.3. Harga Pembelian adalah harga yang tertera pada Produk dalam Situs/Aplikasi ini, dan tidak termasuk Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya.
1.4. Konten adalah semua materi atau informasi yang ada dalam atau tersedia melalui Situs/Aplikasi ini, termasuk namun tidak terbatas pada teks, grafik, logo, ikon, gambar, klip audio, unduhan digital, penggabungan data, perangkat lunak, dan semua hak kekayaan intelektual dalam Situs/Aplikasi ini.
1.5. Pembelian adalah transaksi pembelanjaan atau pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi ini.
1.6. Pengguna atau Anda adalah pihak yang menggunakan layanan Situs/Aplikasi ini, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian, ataupun mengakses informasi atau konten yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini.
1.7. Penyedia Jasa Non-Pembayaran adalah setiap pihak yang bekerja sama dengan SBR dalam menyediakan jasa non-pembayaran atas setiap Pesanan, termasuk tetapi tidak terbatas pada, perusahaan ekspedisi/logistik.
1.8. Penyedia Jasa Pembayaran adalah setiap pihak yang bekerja sama dengan SBR dalam menyediakan jasa perbankan atau layanan pembayaran. 
1.9. Pesanan adalah hasil dari Pembelian Produk oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi ini yang harus dipenuhi oleh SBR. Setiap Pesanan akan memiliki satu nomor Pesanan yang unik namun dapat terdiri dari beberapa nomor invoice.
1.10. Produk adalah barang atau layanan yang ditawarkan oleh Penjual di dalam Situs/Aplikasi ini yang dapat dibeli oleh Pengguna.
1.11. Pusat Resolusi adalah layanan yang disediakan oleh SBR dan yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk mendapatkan setiap informasi mengenai layanan SBR, tata cara Pembelian, status Pesanan, garansi, pengembalian Produk dan pengembalian dana serta hal-hal lainnya terkait dengan Situs/Aplikasi ini. Pusat Resolusi dapat dihubungi dengan cara:
Email: support@cyclopedia.id; atau WhatsApp: 081290320466 
1.12. Toko adalah pihak yang bekerja sama dengan SBR sehubungan dengan setiap Produk yang ditawarkan atau dijual oleh SBR di Situs/Aplikasi ini.

2.  Akun

2.1  Agar Anda dapat melakukan Pembelian di situs Situs/Aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun Anda di Situs/Aplikasi ini sesuai dengan prosedur yang ditentukan di dalam Situs/Aplikasi ini. Prosedur tersebut dapat diubah oleh SBR dari waktu ke waktu. 
2.2 Pada saat melakukan pendaftaran akun, Pengguna menyatakan dan menjamin kepada SBR bahwa:
a. Pengguna adalah individu yang telah mencapai usia 18 (delapan belas) tahun atau lebih pada saat menggunakan layanan SBR; 
b. Dalam hal Pengguna berusia di bawah usia 18 tahun, Pengguna sudah memperoleh persetujuan dari orang tua/wali;
c. Pengguna adalah individu/badan hukum/badan usaha dengan legalitas sebagaimana disyaratkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia;
d. Pengguna menyatakan bahwa Pengguna bukan individu dan/atau badan hukum yang dilarang oleh hukum negara Republik Indonesia untuk menerima atau menggunakan layanan SBR; dan
e. Pengguna menyatakan bahwa semua informasi dan/atau dokumen yang diisi atau disampaikan kepada SBR adalah akurat, benar, lengkap, terkini, dan sesuai.
2.3  Pengguna bertanggung jawab secara penuh terhadap kerahasiaan informasi akun Pengguna, termasuk alamat email, kata sandi (password), kode voucher, membership, dan hal-hal lainnya.
2.4  SBR berhak untuk melakukan pemeriksaan terkait kebenaran, keabsahan informasi, atau dokumen yang diserahkan kepada SBR. Atas alasan apa pun (termasuk jika adanya indikasi penipuan atau ketidaksesuaian berdasarkan penilaian SBR semata), maka SBR berhak untuk mengakhiri, membatalkan, atau memblokir akses dan akun Pengguna ke layanan Situs/Aplikasi ini.
2.5  Pengguna dapat mengubah informasi akun seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email sesuai dengan tata cara yang ditentukan dalam Situs/Aplikasi ini dan/atau cara lainnya yang ditentukan oleh SBR. Pengguna hanya diperkenankan menggunakan satu alamat email untuk didaftarkan pada situs Situs/Aplikasi ini.
2.6  SBR tidak memungut biaya atas pendaftaran ataupun perubahan informasi akun kepada Pengguna.
2.7 SBR berhak untuk melakukan verifikasi nomor telepon dan alamat email Pengguna dengan menggunakan one-time password (OTP) atau metode lainnya yang ditentukan oleh SBR dari waktu ke waktu.
2.8 Pengguna dilarang untuk menjual, berupaya menjual, menawarkan untuk menjual, memberikan, menyerahkan atau mengalihkan akun kepada pihak ketiga tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari SBR. Dalam hal Pengguna melanggar ketentuan ini, maka seluruh akibat, risiko dan/atau kerugian yang timbul adalah merupakan tanggung jawab semata dari Pengguna tersebut. 

3.  Penggunaan Layanan
3.1  Pengguna setuju untuk mematuhi setiap kebijakan, prosedur, pedoman, instruksi, dan pemberitahuan yang berkaitan dengan layanan SBR.
3.2  Akses pada layanan ini hanya diperkenankan untuk keperluan dan kepentingan Pembelian serta informasi yang terkait dengan layanan SBR.
3.3  Pengguna dilarang memuat atau menerbitkan Konten yang melanggar hak kekayaan intelektual lain pihak ketiga.
3.4  Pengguna dilarang menggunakan atau mengunggah perangkat lunak atau material yang mengandung/dicurigai mengandung virus, komponen merusak, kode berbahaya, atau komponen berbahaya lainnya yang dapat atau memiliki potensi untuk merusak data, mengakibatkan kerusakan, atau mengganggu pengoperasian Situs/Aplikasi ini.
3.5  Pengguna tidak diperkenankan untuk mereproduksi, mendistribusikan, memajang, menjual, menyewakan, mengirimkan, membuat karya turunan dari, menerjemahkan, memodifikasi, merekayasa balik, membongkar, mengurai atau mengeksploitasi setiap Konten yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini.
3.6 SBR berhak untuk memantau, menyaring, atau mengontrol setiap aktivitas, isi, atau materi yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini.
3.7  SBR berhak melakukan tindakan yang dianggap tepat dan sesuai apabila terjadi penyalahgunaan layanan ataupun pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku oleh Pengguna.

4.  Deskripsi dan Akurasi Produk
4.1  Deskripsi karakteristik utama Produk dapat ditemukan di halaman Produk pada Situs/Aplikasi ini. SBR berusaha untuk memberikan deskripsi Produk seakurat mungkin. Namun demikian, SBR tidak dapat menjamin bahwa seluruh deskripsi atau Konten atas suatu Produk yang terdapat di dalam Situs/Aplikasi ini akurat, lengkap dan/atau terkini. 
4.2 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa:
a. Semua spesifikasi Produk didapatkan oleh SBR dari pabrikan, namun spesifikasi tersebut dapat diubah sewaktu-waktu oleh pabrikan, tanpa peringatan atau pemberitahuan sebelumnya kepada SBR;
b. Keakuratan warna pada layar monitor dapat berbeda tergantung pada pencahayaan, pengaturan, atau resolusi pada layar monitor Pengguna. Dengan demikian, warna dari Produk yang diterima dapat berbeda dengan warna yang dilihat Pengguna di layar monitor Pengguna; dan
c. Ketersediaan Produk yang tertera pada Situs/Aplikasi ini mungkin tidak sesuai dengan ketersediaan aktual, hal mana dapat disebabkan oleh Produk rusak/cacat, kesalahan sistem dan/atau kesalahan teknis lainnya. Oleh karena itu, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa SBR berhak untuk mengalihkan, menolak, atau membatalkan Pesanan terkait.
4.3  Atas setiap Pesanan yang masuk, SBR akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesesuaian Produk dengan informasi yang tercantum di Situs/Aplikasi ini. Apabila, berdasarkan pendapat SBR, terdapat ketidaktepatan/ketidaksesuaiaan, maka SBR berhak menolak/membatalkan Pesanan.
4.4 Suatu Produk yang dijual di Situs/Aplikasi ini mungkin merupakan Produk yang tidak selalu tersedia sehingga memerlukan pemesanan terlebih dahulu (Pre-Order). Situs/Aplikasi ini atau SBR akan menginformasikan kepada Pengguna jika suatu Produk yang dipesan oleh Pengguna adalah Produk pre-order. 

5.  Transaksi dan Harga Pembelian
5.1 Harga Produk yang tertera di halaman Produk sudah termasuk semua pajak yang berlaku. Harga Produk dapat bervariasi dan mungkin hanya tersedia untuk periode terbatas. Semua harga dan penawaran tergantung pada ketersediaan dan dapat ditarik atau diubah sesuai kebijaksanaan SBR. Harga di Situs/Aplikasi ini mungkin berbeda dengan harga di Toko, katalog, atau di tempat lain.
5.2 Situs/Aplikasi ini berisi sejumlah besar Produk dan terdapat kemungkinan bahwa, terlepas dari upaya terbaik Kami, beberapa Produk yang tercantum di Situs/Aplikasi ini mungkin salah harganya. Jika SBR menemukan kesalahan harga Produk yang Anda pesan, SBR akan menginformasikan hal tersebut secepatnya kepada Anda. Selain dari hak SBR untuk membatalkan setiap Pesanan, SBR akan memberi pilihan kepada Anda untuk mengkonfirmasi ulang Pesanan Anda dengan harga yang benar atau membatalkannya.
5.3 Suatu Pembelian akan dianggap telah diterima (dan selanjutnya menjadi suatu Pesanan) dan diproses oleh SBR setelah pembayaran Harga Pembelian, Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya (jika ada) diterima secara penuh oleh SBR. 
5.4 Produk yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan Produk lainnya kecuali hal tersebut diatur sebaliknya dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku.
5.5  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selain dari Harga Pembelian, Pengguna harus menanggung Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya yang timbul dari suatu Pembelian. SBR tidak bertanggung jawab atas setiap pengenaan biaya-biaya tersebut oleh pihak ketiga sehubungan dengan suatu Pembelian. 
5.6  Pengguna menyetujui bahwa SBR berhak menolak atau membatalkan, baik sebagian maupun seluruh Pesanan, dalam hal terdapat kesalahan harga Produk, kesalahan promosi, atau kesalahan lainnya yang ditampilkan dalam Situs/Aplikasi ini meskipun Pengguna telah melakukan pembayaran atas Pesanan tersebut. 

6.  Pembayaran
6.1  SBR bekerja sama dengan Penyedia Jasa Pembayaran dalam menyediakan berbagai metode pembayaran di Situs/Aplikasi ini yang dapat digunakan oleh Pengguna sesuai Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. Berikut adalah metode pembayaran yang dapat dipilih oleh Pengguna:
1. Transfer.
2. Kartu Kredit - Pembayaran dengan kartu kredit berlaku untuk kartu kredit yang berlogo VISA, MasterCard, American Expess          atau JCB yang bekerjasama dengan SBR. 
3. Debit Online (berlaku untuk kartu debit yang berlogo VISA atau MasterCard yang bekerjasama dengan SBR).
4. E-Wallet (Go-Pay dan lainnya).
Metode pembayaran yang dapat digunakan oleh Pengguna tersebut di atas akan ditampilkan di dalam Situs/Aplikasi ini pada saat Pengguna hendak melakukan pembayaran atas suatu Pembelian.
6.2  Dalam melakukan Pembelian di Situs/Aplikasi ini, Pengguna wajib menggunakan memilih metode pembayaran di atas. Pengguna wajib pula dan tunduk serta terikat pada setiap syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap Penyedia Jasa Pembayaran.
6.3  Pengguna wajib untuk membayar penuh atas Harga Pembelian, Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya dalam jangka waktu yang ditentukan untuk setiap metode pembayaran yang dipilih Pengguna. SBR berhak untuk membatalkan Pesanan jika pembayaran Harga Pembelian, Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya belum dilakukan oleh Pengguna dalam jangka waktu yang ditentukan. 
6.4  Pengguna memahami dan menyetujui jika ada diskon harga, promosi atau keuntungan lain atas Pesanan yang telah dibuat tetapi Pengguna tidak melakukan pembayaran sampai batas waktu yang ditentukan, Pesanan tersebut akan dibatalkan (termasuk diskon harga, promosi atau keuntungan lainnya tersebut). Dalam hal demikian, diskon harga, promosi atau keuntungan lainnya tersebut dapat menjadi tidak tersedia untuk setiap Pesanan berikutnya. 
6.5  SBR dapat membebankan biaya administrasi atau layanan kepada Pengguna atas setiap pilihan metode pembayaran oleh Pengguna. Biaya administrasi atau layanan ini akan ditampilkan dan diinformasikan kepada Pengguna sebelum Pengguna melakukan pembayaran Harga Pembelian. Biaya administrasi atau layanan yang dibebankan oleh SBR (jika ada) akan termasuk dalam komponen Biaya Lainnya. 
6.6 Penyedia Jasa Pembayaran dapat membebankan biaya administrasi atau layanan kepada Pengguna atas setiap pilihan metode pembayaran oleh Pengguna. Biaya administrasi atau layanan yang dibebankan oleh Penyedia Jasa Pembayaran mungkin tidak ditampilkan dan diinformasikan kepada Pengguna di dalam Situs/Aplikasi ini sebelum Pengguna melakukan pembayaran. Biaya administrasi atau layanan yang dibebankan oleh Penyedia Jasa Pembayaran (jika ada) akan termasuk dalam komponen Biaya Lainnya.
6.7 Untuk setiap metode pembayaran yang dipilih oleh Pengguna, Pengguna memahami dan menyetujui hal-hal sebagai berikut:
a. Pengguna harus melakukan pembayaran atas Pesanan sebesar jumlah yang ditampilkan dalam Situs/Aplikasi ini sesuai dengan pilihan metode pembayaran Pengguna.
b. Kesalahan yang dilakukan oleh Pengguna (termasuk kesalahan transfer, kesalahan memasukkan informasi yang diperlukan, dan lainnya) merupakan sepenuhnya tanggung jawab Pengguna.
c. Sepanjang tersedia dan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku di SBR, Pengguna dapat memanfaatkan program cicilan yang disediakan oleh bank penerbit kartu kredit.
d. Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit atau E-Wallet di luar peruntukan sebagai alat pembayaran. Apabila terdapat transaksi Pembelian Produk dengan menggunakan kartu kredit atau E-Wallet yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, maka SBR berwenang untuk menahan dana transaksi selama diperlukan oleh SBR dan/atau pihak Penyedia Jasa Pembayaran untuk melakukan investigasi yang diperlukan. 
e. SBR berwenang untuk melakukan investigasi terhadap transaksi kartu kredit atau E-Wallet dengan melakukan penahanan proses verifikasi pembayaran sebelum transaksi diproses sampai batas waktu tertentu hingga mendapatkan konfirmasi dari Penyedia Jasa Pembayaran terkait apabila terdapat indikasi pelanggaran ketentuan hukum yang berlaku dan/atau Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. 
f. Dalam proses verifkasi yang dilakukan oleh Penyedia Jasa Pembayaran terkait, Pengguna dapat dihubungi oleh Penyedia Jasa Pembayaran terkait tersebut. Jika Pengguna tidak melakukan penyangkalan atau pembatalan terhadap verifikasi tersebut, maka SBR akan memproses transaksi Pembelian dan Pesanan dan SBR tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna.
g. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan dan/atau keamanan data milik Pengguna dengan cara menjaga kerahasiaan data dan informasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada, nomor Kartu Debit, Kartu Kredit, kode CVV Kartu Kredit, dan kode SMS verifikasi atau kode SMS OTP (One-time Password) yang telah dikirimkan oleh pihak Penyedia Jasa Pembayaran terkait saat Pengguna melakukan transaksi Pembelian.
h. Apabila transaksi Pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi (jika ada) akan dikembalikan ke (i) rekening bank Pengguna; (ii) limit kartu kredit Pengguna di tagihan berikutnya; dan/atau (iii) E-Wallet milik Pengguna (yang mana yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Penyedia Jasa Pembayaran).
6.8 Atas setiap pembayaran yang telah Kami terima terkait dengan suatu Pesanan, SBR akan mengirimkan pemberitahuan penerimaan pembayaran kepada Pengguna melalui alamat email Pengguna yang terdaftar di SBR. 
6.9 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala kerugian yang timbul sebagai akibat penyediaan jasa pembayaran (termasuk dalam hal SBR tidak menerima pembayaran yang telah berhasil dilakukan oleh Pengguna sebagai akibat dari kesalahan Penyedia Jasa Pembayaran) sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna dan Penyedia Jasa Pembayaran. 

7.  Pengiriman
7.1 Pelanggan harus mencantumkan nomor telepon yang valid pada profil, serta memasukkan alamat pengiriman setiap kali Pelanggan melakukan Pembelian. SBR tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kekeliruan Pengguna dalam penulisan alamat dan nomor telepon untuk keperluan pengiriman Produk. 
7.2 SBR menyediakan beberapa pilihan pengiriman Produk, sebagai berikut:
7.2.1 Self Pick-Up di Toko
a. Sepanjang (i) Anda telah melunasi Harga Pembelian dan Biaya Lainnya; dan (ii) SBR menentukan bahwa Produk dapat dilakukan pengambilan dengan cara Self Pick-Up di Toko, Anda dapat mengambil Produk di Toko yang telah dipilih oleh Anda di Pesanan. 
b. SBR akan menginformasikan waktu pengambilan Produk di Toko, dan Anda harus mengambil Produk di Toko pada jam operasional Toko tersebut selambat-lambatnya 2 (dua) hari kalender sejak SBR mengkonfirmasi dan memproses Pesanan Anda. SBR berhak mengenakan biaya tambahan atas setiap keterlambatan Anda dalam melakukan pengambilan Produk di Toko.  
c. Pengambilan Pesanan dapat dilakukan Pengguna atau diwakilkan oleh orang lain pada jam operasional Toko dengan menyebutkan atau menunjukkan bukti Pesanan dan pembayaran. SBR berhak untuk melakukan verifikasi atas Pengguna atau wakilnya untuk memastikan bahwa Pengguna atau wakilnya tersebut merupakan pihak yang berhak untuk melakukan pengambilan atas Produk. 
d. Pengguna atau perwakilannya Pengguna wajib melakukan pengecekan Produk pada saat melakukan pengambilan Produk. Setelah pengambilan Produk, SBR tidak bertanggung jawab atas setiap ketidakcocokan, malfungsi atau kerusakan atas Produk kecuali hal tersebut ditanggung dalam garansi atas suatu Produk. 

7.2. Pengiriman oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran
a. Pilihan Penyedia Jasa Non-Pembayaran yang bekerja sama dengan SBR beserta Biaya Pengiriman dapat dilihat pada saat Pengguna melakukan Pembelian di Situs/Aplikasi ini. 
b. Biaya Pengiriman bergantung pada berat suatu Produk, alamat tujuan pengiriman dan tarif pengiriman yang ditentukan oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran. 
c. Dalam waktu paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah SBR menerima Harga Pembelian, Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya (jika ada), SBR akan melakukan pengiriman Produk kepada Pengguna melalui Penyedia Jasa Non-Pembayaran yang dipilih oleh Pengguna, sebagaimana tercantum dalam Pesanan. 
d. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Penyedia Jasa Non-Pembayaran bukan merupakan agen dari SBR dan merupakan pihak independen yang menyediakan jasa pengiriman atas Produk. Dengan demikian, SBR tidak bertanggung jawab Kesalahan pengiriman, kerusakan atas Produk yang terjadi pada saat pengiriman dan/atau kerugian lainnya yang ditimbulkan oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran.
7.3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya Penyedia Jasa Non-Pembayaran. Pengguna wajib pula dan tunduk serta terikat pada setiap syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap Penyedia Jasa Non-Pembayaran.

8.  Garansi
8.1 SBR menjamin bahwa semua Produk yang ditawarkan dalam Situs/Aplikasi ini merupakan produk asli atau orisinil. Namun demikian, tidak semua pabrikan Produk memberikan garansi atas Produk. Pengguna harus membaca deskripsi Produk untuk mengetahui informasi mengenai (i) ketersediaan garansi Produk tersebut; (ii) cakupan dan pengecualian atas garansi; dan (iii) hal-hal lainnya terkait dengan garansi tesebut.
8.2 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa syarat, ketentuan, dan masa berlaku garansi mengacu pada ketentuan garansi yang berlaku di pabrikan Produk.
8.3 Pada saat Pengguna melakukan servis atas Produk, terdapat beberapa suku cadang yang tidak ditanggung dalam garansi sehingga akan menimbulkan biaya servis. Servis harus dilakukan di tempat yang sesuai dengan lokasi servis pada ketentuan garansi.
8.4 Pengajuan klaim garansi atas suatu Produk dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a. Pengguna harus menghubungi Pusat Resolusi (atau melalui Toko di tempat mana Pengguna mengambil Produk) dan menginformasikan mengenai masalah yang terjadi;
b. Pengguna harus membawa atau mengirimkan Produk yang bermasalah (atas biaya Pengguna) ke tempat yang diinformasikan secara tertulis oleh SBR dengan melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang dipersyaratkan oleh SBR (termasuk tetapi tidak terbatas pada, kartu identitas Pengguna, bukti Pembelian dan pembayaran Produk, kartu garansi dan informasi relevan lainnya); dan
c. Klaim garansi akan diteruskan oleh SBR kepada pabrikan dari masing-masing Produk. 
8.5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa proses klaim garansi mungkin memerlukan pemeriksaan, investigasi dan tindakan teknis lainnya, tindakan-tindakan mana akan membutuhkan waktu yang tidak dapat diperkirakan di awal. Lebih lanjut, segala keputusan akhir terkait klaim garansi merupakan wewenang dari SBR dan/atau pabrikan masing-masing Produk.

9. Tanggung Jawab Terbatas 
9.1 Jika SBR gagal untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, SBR hanya akan bertanggung jawab kepada Anda untuk Harga Pembelian Produk. 
9.2 Tidak ada yang dikatakan atau dinyatakan oleh tenaga penjualan atas nama SBR yang harus dipahami sebagai variasi dari Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku atau sebagai representasi SBR tentang sifat atau kualitas Produk apa pun. 
9.3 Setiap saran yang diberikan oleh tenaga penjual SBR selama proses pemesanan didasarkan sepenuhnya pada informasi yang Pengguna berikan. Jika saran diberikan setelah inspeksi visual oleh tenaga penjual SBR, saran tersebut hanya merupakan pendapat SBR dan SBR tidak bertanggung jawab atas ketidakakuratan apa pun di dalamnya. 
9.4 Pengguna menegaskan bahwa Pengguna harus mematuhi setiap dan semua aturan yang berkaitan dengan pemasangan dan penggunaan Produk dan sepenuhnya menerima bahwa SBR tidak bertanggung jawab atas kerugian apa pun yang diakibatkan oleh pemasangan atau penggunaan Produk secara paksa, salah arah, tidak sesuai atau tidak memenuhi syarat, atau Produk yang tidak dirawat dengan baik. Selain itu, SBR tidak bertanggung jawab atas kematian atau cedera pribadi, kecuali disebabkan langsung oleh kelalaian SBR sendiri dan terbukti menurut hukum.
9.5 Setiap Produk, atau bagian darinya, yang dimodifikasi atau diadaptasi oleh Pengguna atau pihak ketiga mana pun tidak lagi dijamin oleh pabrikan dan SBR tidak bertanggung jawab atas kegagalan apa pun yang diakibatkan oleh modifikasi atau adaptasi tersebut.
9.6 Sepanjang diperbolehkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, SBR tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang diakibatkan oleh kegagalannya untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku yang termasuk dalam kategori berikut: (a) kehilangan pendapatan atau pendapatan; (b) kerugian bisnis; (c) hilangnya keuntungan; (d) hilangnya tabungan yang diantisipasi; (e) kehilangan data; atau (f) pemborosan waktu manajemen atau kantor; dan/atau (g) kerugian tidak langsung lainnya, kerugian konsekuensial, kerusakan atau pengeluaran. Namun demikian, tidak ada dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku yang dimaksudkan untuk mengecualikan atau membatasi tanggung jawab SBR atas hal-hal yang akan menjadi ilegal bagi SBR untuk dikecualikan atau berusaha untuk mengecualikan tanggung jawabnya.

10.  Member Point dan Promosi
Member Point
10.1 Anda berhak untuk mendapatkan member point atas setiap Pembelian Produk yang Anda lakukan di Situs/Aplikasi ini.
10.2 Dengan tunduk pada perubahan yang dapat dilakukan oleh SBR dari waktu ke waktu, setiap Pembelian Produk dengan kelipatan Rp.100.000,- (seratus ribu Rupiah), Anda akan mendapatkan 1 member point. Member point tidak dapat diuangkan dan/atau dialihkan kepada pihak ketiga mana pun. Member point yang tidak digunakan dalam suatu jangka waktu tertentu (yang ditentukan oleh SBR) akan kadaluarsa dan tidak dapat digunakan. 
10.3 Anda dapat melakukan pengecekan atas member point Anda yang terkumpul di Situs/Aplikasi ini. Member point dapat digunakan sebagai potongan Harga Pembelian untuk pembelian Produk tertentu berikutnya dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh SBR dari waktu ke waktu.
Promosi
10.4  SBR berhak untuk melakukan kegiatan promosi dengan syarat dan ketentuan khusus yang berbeda-beda antara satu promosi dan promosi lainnya. Pengguna diharapkan untuk membaca secara seksama setiap syarat dan ketentuan yang berlaku pada promosi yang sedang berlangsung.
10.5  Dalam hal terjadi kesalahan promosi, termasuk namun tidak terbatas pada gambar, spesifikasi, harga, warna, kemasan, jumlah, kuota promosi, SBR berhak membatalkan Pesanan yang terkait.
10.6  Jika diduga/ditemukan indikasi pelanggaran promosi yang dilakukan Pengguna yang merugikan SBR, maka SBR berhak melakukan tindakan hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

11.  Pembatalan Pesanan dan Pengembalian Harga Pembelian (Refund)
11.1  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa SBR berhak membatalkan Pesanan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. Atas pembatalan Pesanan yang dilakukan oleh SBR, SBR akan mengembalikan Harga Pembelian dan Biaya Pengiriman (sepanjang biaya tersebut belum dikeluarkan oleh SBR) yang telah dibayar lunas oleh Pengguna. 
11.2  Pengguna dapat mengajukan pembatalan Pesanan sepanjang Pesanan belum dilakukan proses penyiapan oleh SBR dan/atau Toko. SBR berhak (i) menolak pengajuan pembatalan Pesanan apabila pesanan sudah dalam proses penyiapan Pesanan oleh SBR dan/atau Toko; dan/atau (ii) mengenakan biaya pembatalan Pesanan, yang besarnya akan ditentukan oleh SBR (“Biaya Pembatalan Pesanan”). Atas pembatalan Pesanan yang dilakukan oleh Pengguna dan disetujui oleh SBR, SBR akan mengembalikan kepada Pengguna Harga Pembelian dan Biaya Pengiriman (sepanjang biaya tersebut belum dikeluarkan oleh SBR) dikurangi dengan Biaya Pembatalan Pesanan (jika ada). 
11.3 Atas Pesanan yang dibatalkan, SBR dan/atau Penyedia Jasa Pembayaran akan melakukan pengembalian dana kepada Pengguna sesuai dengan metode pembayaran awal yang dipilih oleh Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di SBR dan/atau Penyedia Jasa Pembayaran. Proses pengembalian dana akan memakan waktu dengan kisaran 7 (tujuh) sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kerja sejak tanggal pembatalan Pesanan disetujui oleh SBR. 

12.  Pengembalian Produk (Retur)
12.1  Secara umum dipahami dan disetujui oleh Pengguna bahwa setiap Produk yang telah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan tanpa persetujuan tertulis dari SBR. Namun, Pengguna berhak untuk mengembalikan Produk sepanjang satu atau lebih hal-hal berikut ini terpenuhi:
a. Produk rusak, dan/atau
b. Produk cacat, dan/atau
c. Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, Produk tidak sesuai dengan keterangan di Situs/Aplikasi ini, dan/atau
d. Produk tidak lengkap, dan/atau
e. Produk tidak sesuai Pesanan.
12.2  SBR berhak menolak pengembalian Produk jika Produk mengalami kendala atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan, kelalaian, kecerobohan, ketidakhati-hatian, dan/atau ketidakcermatan pemakaian Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut:
a. Kesalahan penggunaan; dan/atau
b. Kesalahan ukuran dan/atau warna Produk; dan/atau
c. Terjatuh, terbentur, atau tergores; dan/atau
d. Terkena cairan; dan/atau
e. Kecelakaan; dan/atau
f. Bencana alam; dan/atau
g. Kesalahan instalasi; dan/atau
h. Sudah dibongkar pasang; dan/atau
i. Mengubah atau merusak stiker garansi, nomor seri, dan tanda keaslian; dan/atau
j. Memodifikasi atau memperbaiki.
12.3 Selain memenuhi ketentuan-ketentuan di atas, pengembalian Produk hanya dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
a.  Pengguna harus melakukan pengajuan pengembalian Produk kepada SBR dengan menghubungi Pusat Resolusi (atau melalui Toko di tempat mana Pengguna mengambil Produk) dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender setelah Pengguna menerima atau mengambil Produk;
b. Pengguna harus melengkapi hal-hal sebagai berikut:
Foto Produk (minimum 3 (tiga) foto dari sisi yang berbeda).
      Video unboxing pada saat Anda menerima Produk dan video mengenai masalah atas Produk tersebut.
Informasi dan kronologis kejadian yang terkait.
Alasan pengembalian Produk.
Invoice dan bukti pembayaran Produk. 
c. Produk yang dikembalikan wajib dikemas dalam kardus atau kemasan standard aslinya.
d. Pengguna harus mengembalikan Produk ke alamat yang ditentukan dan diinformasikan secara tertulis oleh SBR.
e. Atas Produk yang dikembalikan, SBR akan melakukan pengecekan Produk tersebut. Dalam hal menurut pendapat wajar SBR, Produk sudah pernah digunakan atau memenuhi ketentuan Pasal 12.2 di atas dan/atau Pasal 12.3 di bawah, SBR berhak untuk menolak pengembalian Produk.
12.3 Atas alasan apa pun, suatu Produk yang dijual dengan diskon tertentu atau promosi tertentu tidak dapat ditukar atau dikembalikan. 
12.4 Pengguna bertanggung jawab atas setiap biaya yang timbul sehubungan dengan pengembalian Produk, termasuk tetapi tidak terbatas pada, Biaya Pengiriman, biaya transfer dan biaya terkait lainnya. 
12.5 Dalam hal pengajuan pengembalian Produk disetujui oleh SBR, sesuai dengan kesepakatan antara SBR dan Pengguna, SBR akan melakukan (i) penukaran Produk (dengan Biaya Pengiriman akan menjadi tanggung jawab Pengguna); atau (ii) pengembalian dana sebesar Harga Pembelian, yang masing-masing akan dilakukan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. 

13.  Pelanggaran
13.1  Jika diduga atau ditemukan adanya indikasi pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dan/atau penyalahgunaan yang dilakukan Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama; dan/atau
b. Penggunaan nomor telepon yang sama; dan/atau
c. Penggunaan alamat pengiriman yang sama; dan/atau
d. Penyalahgunaan nomor rekening/kartu kredit/debit/identitas; dan/atau
e. Manipulasi atau merekayasa Pembelian, promosi, dan/atau member point.
SBR berhak untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada:
i. Membatalkan Pesanan Pengguna;
ii. Menarik promosi, diskon, member point atau manfaat lainnya;
iii. Meminta pengembalian subsidi, promosi, diskon, member point, atau manfaat lainnya yang telah diterima Pengguna;
iv. Menutup dan menonaktifkan akun Pengguna;
v. Melaporkan Pengguna kepada Kantor Kepolisian Republik Indonesia jika terdapat indikasi pidana; dan/atau
vi. Melakukan tindakan hukum lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

14.  Komunikasi Elektronik
Setiap komunikasi dan korespondensi antara Pengguna dengan SBR sehubungan dengan Produk, Pembelian, Pesanan dan hal-hal lainnya, dan informasi lainnya (termasuk tidak terbatas mengenai syarat-syarat tambahan Pembelian atau Pesanan, perubahan, pemberitahuan, laporan, pengkinian data dan/atau promosi yang dilakukan oleh SBR) akan dilakukan melalui media komunikasi digital/elektronik (termasuk tidak terbatas melalui email, telepon, dan media komunikasi digital/elektronik lainnya yang akan digunakan oleh SBR), dari waktu ke waktu sesuai dengan prosedur yang berlaku.

15.  Kebijakan Privasi
15.1 Pengguna dapat melihat Kebijakan Privasi SBR yang berisi tentang cara mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan informasi pribadi Pengguna, dan praktik perlindungan Pengguna di Situs/Aplikasi ini. 
15.2 Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, Pengguna juga menyetujui seluruh isi Kebijakan Privasi SBR yang tertera di dalam Situs/Aplikasi ini. 

16.  Hak Kekayaan Intelektual
16.1  SBR adalah pemegang sah atas Situs/Aplikasi ini dan seluruh Konten yang ada di Situs/Aplikasi ini.
16.2  Tidak ada bagian-bagian dari Situs/Aplikasi ini yang dapat direproduksi, direkayasa, dipisahkan, diubah, didistribusikan, dipublikasikan kembali, ditampilkan, disiarkan, ditautkan (hyperlinked), disusun (framed), ditransfer atau dikirim dengan cara apapun atau disimpan/dipasang dalam suatu sistem pencarian informasi atau dipasang pada suatu server, sistem atau peralatan, tanpa izin tertulis sebelumnya dari SBR atau dari pemilik hak kekayaan intelektual yang bersangkutan. 

17.  Pengembangan Sistem
SBR dari waktu ke waktu akan melakukan pengembangan sistem selama beberapa waktu untuk memberikan kenyamanan lebih pada pengalaman berbelanja Pengguna. Selama proses tersebut, maka SBR berhak membatalkan Pesanan Pengguna apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian yang dapat merugikan Pengguna ataupun SBR.

18.  Ganti Rugi
Pengguna dengan ini melepaskan SBR dari tuntutan ganti rugi dan menjaga/membebaskan SBR (termasuk pemegang saham, Direktur, Komisaris dan Karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul apabila Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, penggunaan layanan SBR yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

19.  Keterpisahan 
Apabila suatu bagian atau ketentuan dari Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku menjadi tidak sah atau tidak dapat diberlakukan karena hukum dan peraturan yang berlaku, Pengguna menyetujui bahwa ketidakabsahan tersebut tidak mempengaruhi bagian lain pada Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. SBR akan berusaha untuk mengubah ketentuan tersebut agar sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

20.  Perselisihan dan Pilihan Hukum
Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Segala perselisihan yang mungkin timbul antara Pengguna dan SBR sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dan/atau penggunaan Situs/Aplikasi ini akan diselesaikan secara melalui pengadilan Negeri Jakarta Barat.

21.  Perbedaan Informasi dan Tautan ke Situs Lainnya
21.1 Dalam hal terdapat perbedaan promosi, syarat dan ketentuan serta informasi apapun yang tertera pada Situs/Aplikasi ini dan di luar Situs/Aplikasi ini, maka informasi, promosi, serta syarat dan ketentuan yang berlaku adalah yang tertera pada Situs/Aplikasi ini. 
21.2 Situs/Aplikasi ini dapat berisi tautan internet ke situs lainnya yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak ketiga. Anda harus ketahui bahwa SBR tidak bertanggung jawab terhadap pengoperasian ataupun Konten yang terdapat di situs tersebut.

22. Keadaan Kahar
22.1 Tidak ada Pihak yang harus bertanggung jawab atas setiap keterlambatan atau kegagalan dalam setiap kewajiban (kecuali kewajiban untuk membayar) berdasarkan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku ini yang disebabkan oleh Keadaan Kahar, dengan syarat bahwa pihak yang terlambat atau terhambat oleh Keadaan Kahar tersebut telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari hal tersebut.
22.2 Keadaan Kahar berarti termasuk tetapi tidak terbatas pada kebijakan pemerintah atau lembaga terkait pemogokan, huru-hara, pertempuran, peperangan, kebakaran, aksi terorisme, sabotase, peledakan, embargo, badai, banjir, gempa bumi, kerusakan perangkat lunak pihak ketiga, perilaku pihak ketiga (termasuk namun tidak terbatas pada peretas), kegagalan atau masalah dengan fasilitas umum (termasuk kegagalan listrik, telekomunikasi atau internet).

23.  Perubahan
23.1  SBR setiap saat berhak untuk melakukan perubahan pada Situs/Aplikasi ini, kebijakan, serta Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dan Kebijakan Privasi, termasuk namun tidak terbatas pada promosi, harga Produk, Konten, Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya.
23.2  Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna diharapkan selalu membaca setiap Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku di SBR sebelum melakukan Pembelian atau transaksi lainnya di Situs/Aplikasi ini. 

24. Tanda Tangan Elektronik
Persetujuan Pengguna atas (i) Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku; dan/atau (ii) suatu Pembelian atau Pesanan ditandatangani dengan tanda tangan elektronik (baik dengan cara meng-klik “SETUJU”, “CONFIRM”, “LANJUTKAN” atau perintah sejenis lainnya), yang harus dianggap sebagai tanda tangan asli untuk semua tujuan dan yang memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan asli (basah). Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa Pengguna secara tegas mengesampingkan setiap hak untuk (a) mengajukan pembelaan atau pelepasan tanggung jawab/kewajiban; dan/atau (b) membatalkan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, suatu Pembelian dan/atau Pesanan, atas alasan penandatanganan oleh Pengguna dilakukan dengan tanda tangan elektronik.

25.  Layanan Pengaduan
25.1.  Jika Anda memiliki keluhan atau pertanyaan terkait Produk dan/atau hal-hal yang tercantum dalam Aplikasi, Anda dapat menghubungi kami melalui Pusat Resolusi Kami, sebagai berikut:
Email: support@cyclopedia.id; atau WhatsApp: 081290320466
25.2 ANDA JUGA DAPAT MENGHUBUNGI LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN DIREKTORAT JENDERAL PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN TERTIB NIAGA (DJPTKN), KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA, GEDUNG I LANTAI 3 JALAN M.I. RIDWAN RAIS NO. 5, JAKARTA PUSAT 10110, +62-21-3858171 ATAU +62-21-3451692.