My Cart Items 0

TERMS & CONDITIONS

Syarat & Ketentuan

Selamat datang di situs atau aplikasi www.cyclopedia.id  (“Situs/Aplikasi”) yang dimiliki oleh PT Surya Bumi Retailindo (selanjutnya disebut “SBR”, “Penjual”, atau “Kami”). Anda harus membaca, memahami, menerima, dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Situs/Aplikasi ini sebelum menggunakan, mengakses, dan/atau menerima konten yang terdapat di dalamnya (selanjutnya disebut “Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku”). Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku adalah perjanjian antara Pengguna dan SBR yang berisikan seperangkat aturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab, dan tata cara bagi Pengguna dan SBR dalam menggunakan layanan SBR.

Jika Anda berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun, Anda harus memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali Anda sebelum (i) mengakses atau menggunakan Situs/Aplikasi ini; (ii) menyetujui Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku; dan/atau (iii) melakukan pembelian atas barang dan/atau jasa yang ditawarkan dalam Situs/Aplikasi ini.

Dengan mengakses atau menggunakan Situs/Aplikasi (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, melakukan pembelian barang dan/atau jasa yang ditawarkan), Anda dianggap telah (i) memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini; dan/atau (ii) dalam hal Anda berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun, mendapatkan persetujuan orang tua atau wali Anda.

1. Definisi

1.1.  Biaya Lainnya  adalah biaya layanan kartu kredit, biaya transfer, biaya layanan, dan/atau biaya lainnya yang bukan merupakan Harga Pembelian yang dikenakan oleh SBR, Penyedia Jasa Pembayaran, dan/atau Penyedia Jasa Non-Pembayaran.

1.2.  Biaya Pengiriman  adalah biaya pengiriman suatu Produk yang dikenakan oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran, dan tidak termasuk dalam Harga Pembelian.

1.3.  Harga Pembelian  adalah harga yang tertera pada Produk dalam Situs/Aplikasi ini, dan tidak termasuk Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya.

1.4.  Konten  adalah semua materi atau informasi yang ada dalam atau tersedia melalui Situs/Aplikasi ini, termasuk namun tidak terbatas pada teks, grafik, logo, ikon, gambar, klip audio, unduhan digital, penggabungan data, perangkat lunak, dan semua hak kekayaan intelektual dalam Situs/Aplikasi ini.

1.5.  Pembelian  adalah transaksi pembelanjaan atau pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi ini.

1.6.  Pengguna atau Anda  adalah pihak yang menggunakan layanan Situs/Aplikasi ini, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian, ataupun mengakses informasi atau konten yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini.

1.7.  Penyedia Jasa Non-Pembayaran  adalah setiap pihak yang bekerja sama dengan SBR dalam menyediakan jasa non-pembayaran atas setiap Pesanan, termasuk tetapi tidak terbatas pada perusahaan ekspedisi/logistik.

1.8.  Penyedia Jasa Pembayaran  adalah setiap pihak yang bekerja sama dengan SBR dalam menyediakan jasa perbankan atau layanan pembayaran.

1.9.  Pesanan  adalah hasil dari Pembelian Produk oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi ini yang harus dipenuhi oleh SBR. Setiap Pesanan akan memiliki satu nomor Pesanan yang unik namun dapat terdiri dari beberapa nomor invoice.

1.10.  Produk  adalah barang atau layanan yang ditawarkan oleh Penjual di dalam Situs/Aplikasi ini yang dapat dibeli oleh Pengguna.

1.11.  Pusat Resolusi  adalah layanan yang disediakan oleh SBR dan yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk mendapatkan setiap informasi mengenai layanan SBR, tata cara Pembelian, status Pesanan, garansi, pengembalian Produk, pengembalian dana, serta hal-hal lainnya terkait dengan Situs/Aplikasi ini. Pusat Resolusi dapat dihubungi melalui:

  • Email: support@cyclopedia.id; atau
  • WhatsApp: 0812 9032 0466

1.12.  Toko  adalah pihak yang bekerja sama dengan SBR sehubungan dengan setiap Produk yang ditawarkan atau dijual oleh SBR di Situs/Aplikasi ini.

2. Akun

2.1 Agar Anda dapat melakukan Pembelian di Situs/Aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun Anda sesuai dengan prosedur yang ditentukan di dalam Situs/Aplikasi ini. Prosedur tersebut dapat diubah oleh SBR dari waktu ke waktu.

2.2 Pada saat melakukan pendaftaran akun, Pengguna menyatakan dan menjamin kepada SBR bahwa:

  • a. Pengguna adalah individu yang telah mencapai usia 18 (delapan belas) tahun atau lebih pada saat menggunakan layanan SBR;
  • b. Dalam hal Pengguna berusia di bawah 18 tahun, Pengguna sudah memperoleh persetujuan dari orang tua/wali;
  • c. Pengguna adalah individu/badan hukum/badan usaha dengan legalitas sebagaimana disyaratkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia;
  • d. Pengguna bukan individu dan/atau badan hukum yang dilarang oleh hukum negara Republik Indonesia untuk menerima atau menggunakan layanan SBR; dan
  • e. Pengguna menyatakan bahwa semua informasi dan/atau dokumen yang diisi atau disampaikan kepada SBR adalah akurat, benar, lengkap, terkini, dan sesuai.

2.3 Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kerahasiaan informasi akun Pengguna, termasuk alamat email, kata sandi (password), kode voucher, membership, dan hal-hal lainnya.

2.4 SBR berhak melakukan pemeriksaan terkait kebenaran, keabsahan informasi, atau dokumen yang diserahkan kepada SBR. Atas alasan apapun (termasuk jika adanya indikasi penipuan atau ketidaksesuaian berdasarkan penilaian SBR semata), maka SBR berhak untuk mengakhiri, membatalkan, atau memblokir akses dan akun Pengguna ke layanan Situs/Aplikasi ini.

2.5 Pengguna dapat mengubah informasi akun seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email sesuai dengan tata cara yang ditentukan dalam Situs/Aplikasi ini dan/atau cara lainnya yang ditentukan oleh SBR. Pengguna hanya diperkenankan menggunakan satu alamat email untuk didaftarkan pada Situs/Aplikasi ini.

2.6 SBR tidak memungut biaya atas pendaftaran ataupun perubahan informasi akun kepada Pengguna.

2.7 SBR berhak melakukan verifikasi nomor telepon dan alamat email Pengguna dengan menggunakan one-time password (OTP) atau metode lainnya yang ditentukan oleh SBR dari waktu ke waktu.

2.8 Pengguna dilarang untuk menjual, berupaya menjual, menawarkan untuk menjual, memberikan, menyerahkan, atau mengalihkan akun kepada pihak ketiga tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari SBR. Dalam hal Pengguna melanggar ketentuan ini, maka seluruh akibat, risiko, dan/atau kerugian yang timbul adalah merupakan tanggung jawab semata dari Pengguna tersebut.

3. Penggunaan Layanan

3.1 Pengguna setuju untuk mematuhi setiap kebijakan, prosedur, pedoman, instruksi, dan pemberitahuan yang berkaitan dengan layanan SBR.

3.2 Akses pada layanan ini hanya diperkenankan untuk keperluan dan kepentingan Pembelian serta informasi yang terkait dengan layanan SBR.

3.3 Pengguna dilarang memuat atau menerbitkan Konten yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga.

3.4 Pengguna dilarang menggunakan atau mengunggah perangkat lunak atau material yang mengandung/dicurigai mengandung virus, komponen merusak, kode berbahaya, atau komponen berbahaya lainnya yang dapat atau memiliki potensi untuk merusak data, mengakibatkan kerusakan, atau mengganggu pengoperasian Situs/Aplikasi ini.

3.5 Pengguna tidak diperkenankan untuk mereproduksi, mendistribusikan, memajang, menjual, menyewakan, mengirimkan, membuat karya turunan dari, menerjemahkan, memodifikasi, merekayasa balik, membongkar, mengurai, atau mengeksploitasi setiap Konten yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini.

3.6 SBR berhak untuk memantau, menyaring, atau mengontrol setiap aktivitas, isi, atau materi yang terdapat dalam Situs/Aplikasi ini.

3.7 SBR berhak melakukan tindakan yang dianggap tepat dan sesuai apabila terjadi penyalahgunaan layanan ataupun pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku oleh Pengguna.

4. Deskripsi dan Akurasi Produk

4.1 Deskripsi karakteristik utama Produk dapat ditemukan di halaman Produk pada Situs/Aplikasi ini. SBR berusaha untuk memberikan deskripsi Produk seakurat mungkin. Namun demikian, SBR tidak dapat menjamin bahwa seluruh deskripsi atau Konten atas suatu Produk yang terdapat di dalam Situs/Aplikasi ini akurat, lengkap, dan/atau terkini.

4.2 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa:

  • a. Semua spesifikasi Produk didapatkan oleh SBR dari pabrikan, namun spesifikasi tersebut dapat diubah sewaktu-waktu oleh pabrikan tanpa peringatan atau pemberitahuan sebelumnya kepada SBR;
  • b. Keakuratan warna pada layar monitor dapat berbeda tergantung pada pencahayaan, pengaturan, atau resolusi pada layar monitor Pengguna. Dengan demikian, warna dari Produk yang diterima dapat berbeda dengan warna yang dilihat Pengguna di layar monitor Pengguna; dan
  • c. Ketersediaan Produk yang tertera pada Situs/Aplikasi ini mungkin tidak sesuai dengan ketersediaan aktual, yang dapat disebabkan oleh Produk rusak/cacat, kesalahan sistem, dan/atau kesalahan teknis lainnya. Oleh karena itu, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa SBR berhak untuk mengalihkan, menolak, atau membatalkan Pesanan terkait.

4.3 Atas setiap Pesanan yang masuk, SBR akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesesuaian Produk dengan informasi yang tercantum di Situs/Aplikasi ini. Apabila, berdasarkan pendapat SBR, terdapat ketidaktepatan/ketidaksesuaian, maka SBR berhak menolak/membatalkan Pesanan.

4.4 Suatu Produk yang dijual di Situs/Aplikasi ini mungkin merupakan Produk yang tidak selalu tersedia sehingga memerlukan pemesanan terlebih dahulu (Pre-Order). Situs/Aplikasi ini atau SBR akan menginformasikan kepada Pengguna jika suatu Produk yang dipesan oleh Pengguna adalah Produk pre-order.

5. Transaksi dan Harga Pembelian

5.1 Harga Produk yang tertera di halaman Produk sudah termasuk semua pajak yang berlaku. Harga Produk dapat bervariasi dan mungkin hanya tersedia untuk periode terbatas. Semua harga dan penawaran tergantung pada ketersediaan dan dapat ditarik atau diubah sesuai kebijaksanaan SBR. Harga di Situs/Aplikasi ini mungkin berbeda dengan harga di Toko, katalog, atau di tempat lain.

5.2 Situs/Aplikasi ini berisi sejumlah besar Produk dan terdapat kemungkinan bahwa, terlepas dari upaya terbaik Kami, beberapa Produk yang tercantum di Situs/Aplikasi ini mungkin salah harganya. Jika SBR menemukan kesalahan harga Produk yang Anda pesan, SBR akan menginformasikan hal tersebut secepatnya kepada Anda. Selain dari hak SBR untuk membatalkan setiap Pesanan, SBR akan memberi pilihan kepada Anda untuk mengkonfirmasi ulang Pesanan Anda dengan harga yang benar atau membatalkannya.

5.3 Suatu Pembelian akan dianggap telah diterima (dan selanjutnya menjadi suatu Pesanan) dan diproses oleh SBR setelah pembayaran Harga Pembelian, Biaya Pengiriman, dan Biaya Lainnya (jika ada) diterima secara penuh oleh SBR.

5.4 Produk yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan Produk lainnya kecuali hal tersebut diatur sebaliknya dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku.

5.5 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selain dari Harga Pembelian, Pengguna harus menanggung Biaya Pengiriman dan Biaya Lainnya yang timbul dari suatu Pembelian. SBR tidak bertanggung jawab atas setiap pengenaan biaya-biaya tersebut oleh pihak ketiga sehubungan dengan suatu Pembelian.

5.6 Pengguna menyetujui bahwa SBR berhak menolak atau membatalkan, baik sebagian maupun seluruh Pesanan, dalam hal terdapat kesalahan harga Produk, kesalahan promosi, atau kesalahan lainnya yang ditampilkan dalam Situs/Aplikasi ini meskipun Pengguna telah melakukan pembayaran atas Pesanan tersebut.

6. Pembayaran

6.1 SBR bekerja sama dengan Penyedia Jasa Pembayaran dalam menyediakan berbagai metode pembayaran di Situs/Aplikasi ini yang dapat digunakan oleh Pengguna sesuai Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. Berikut adalah metode pembayaran yang dapat dipilih oleh Pengguna:

  • Transfer.
  • Kartu Kredit - Pembayaran dengan kartu kredit berlaku untuk kartu kredit yang berlogo VISA, MasterCard, American Express, atau JCB yang bekerjasama dengan SBR.
  • Debit Online (berlaku untuk kartu debit yang berlogo VISA atau MasterCard yang bekerjasama dengan SBR).
  • E-Wallet (Go-Pay dan lainnya).

Metode pembayaran yang dapat digunakan oleh Pengguna tersebut di atas akan ditampilkan di dalam Situs/Aplikasi ini pada saat Pengguna hendak melakukan pembayaran atas suatu Pembelian.

6.2 Dalam melakukan Pembelian di Situs/Aplikasi ini, Pengguna wajib menggunakan metode pembayaran di atas. Pengguna juga wajib tunduk serta terikat pada setiap syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap Penyedia Jasa Pembayaran.

6.3 Pengguna wajib membayar penuh Harga Pembelian, Biaya Pengiriman, dan Biaya Lainnya dalam jangka waktu yang ditentukan untuk setiap metode pembayaran yang dipilih Pengguna. SBR berhak untuk membatalkan Pesanan jika pembayaran Harga Pembelian, Biaya Pengiriman, dan Biaya Lainnya belum dilakukan oleh Pengguna dalam jangka waktu yang ditentukan.

6.4 Pengguna memahami dan menyetujui jika ada diskon harga, promosi, atau keuntungan lain atas Pesanan yang telah dibuat tetapi Pengguna tidak melakukan pembayaran sampai batas waktu yang ditentukan, Pesanan tersebut akan dibatalkan (termasuk diskon harga, promosi, atau keuntungan lainnya tersebut). Dalam hal demikian, diskon harga, promosi, atau keuntungan lainnya tersebut dapat menjadi tidak tersedia untuk setiap Pesanan berikutnya.

6.5 SBR dapat membebankan biaya administrasi atau layanan kepada Pengguna atas setiap pilihan metode pembayaran oleh Pengguna. Biaya administrasi atau layanan ini akan ditampilkan dan diinformasikan kepada Pengguna sebelum Pengguna melakukan pembayaran Harga Pembelian. Biaya administrasi atau layanan yang dibebankan oleh SBR (jika ada) akan termasuk dalam komponen Biaya Lainnya.

6.6 Penyedia Jasa Pembayaran dapat membebankan biaya administrasi atau layanan kepada Pengguna atas setiap pilihan metode pembayaran oleh Pengguna. Biaya administrasi atau layanan yang dibebankan oleh Penyedia Jasa Pembayaran mungkin tidak ditampilkan dan diinformasikan kepada Pengguna di dalam Situs/Aplikasi ini sebelum Pengguna melakukan pembayaran. Biaya administrasi atau layanan yang dibebankan oleh Penyedia Jasa Pembayaran (jika ada) akan termasuk dalam komponen Biaya Lainnya.

6.7 Untuk setiap metode pembayaran yang dipilih oleh Pengguna, Pengguna memahami dan menyetujui hal-hal sebagai berikut:

  • a. Pengguna harus melakukan pembayaran atas Pesanan sebesar jumlah yang ditampilkan dalam Situs/Aplikasi ini sesuai dengan pilihan metode pembayaran Pengguna.
  • b. Kesalahan yang dilakukan oleh Pengguna (termasuk kesalahan transfer, kesalahan memasukkan informasi yang diperlukan, dan lainnya) merupakan sepenuhnya tanggung jawab Pengguna.
  • c. Sepanjang tersedia dan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku di SBR, Pengguna dapat memanfaatkan program cicilan yang disediakan oleh bank penerbit kartu kredit.
  • d. Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit atau E-Wallet di luar peruntukan sebagai alat pembayaran. Apabila terdapat transaksi Pembelian Produk dengan menggunakan kartu kredit atau E-Wallet yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, maka SBR berwenang untuk menahan dana transaksi selama diperlukan oleh SBR dan/atau pihak Penyedia Jasa Pembayaran untuk melakukan investigasi yang diperlukan.
  • e. SBR berwenang untuk melakukan investigasi terhadap transaksi kartu kredit atau E-Wallet dengan melakukan penahanan proses verifikasi pembayaran sebelum transaksi diproses sampai batas waktu tertentu hingga mendapatkan konfirmasi dari Penyedia Jasa Pembayaran terkait apabila terdapat indikasi pelanggaran ketentuan hukum yang berlaku dan/atau Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku.
  • f. Dalam proses verifikasi yang dilakukan oleh Penyedia Jasa Pembayaran terkait, Pengguna dapat dihubungi oleh Penyedia Jasa Pembayaran terkait tersebut. Jika Pengguna tidak melakukan penyangkalan atau pembatalan terhadap verifikasi tersebut, maka SBR akan memproses transaksi Pembelian dan Pesanan, dan SBR tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna.
  • g. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan dan/atau keamanan data milik Pengguna dengan cara menjaga kerahasiaan data dan informasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada, nomor Kartu Debit, Kartu Kredit, kode CVV Kartu Kredit, dan kode SMS verifikasi atau kode SMS OTP (One-time Password) yang telah dikirimkan oleh pihak Penyedia Jasa Pembayaran terkait saat Pengguna melakukan transaksi Pembelian.
  • h. Apabila transaksi Pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi (jika ada) akan dikembalikan ke (i) rekening bank Pengguna; (ii) limit kartu kredit Pengguna di tagihan berikutnya; dan/atau (iii) E-Wallet milik Pengguna (mana yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Penyedia Jasa Pembayaran).

6.8 Atas setiap pembayaran yang telah diterima terkait dengan suatu Pesanan, SBR akan mengirimkan pemberitahuan penerimaan pembayaran kepada Pengguna melalui alamat email Pengguna yang terdaftar di SBR.

6.9 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala kerugian yang timbul sebagai akibat penyediaan jasa pembayaran (termasuk dalam hal SBR tidak menerima pembayaran yang telah berhasil dilakukan oleh Pengguna sebagai akibat dari kesalahan Penyedia Jasa Pembayaran) sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna dan Penyedia Jasa Pembayaran.

7. Pengiriman

7.1 Pelanggan harus mencantumkan nomor telepon yang valid pada profil, serta memasukkan alamat pengiriman setiap kali Pelanggan melakukan Pembelian. SBR tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kekeliruan Pengguna dalam penulisan alamat dan nomor telepon untuk keperluan pengiriman Produk.

7.2 SBR menyediakan beberapa pilihan pengiriman Produk, sebagai berikut:

7.2.1 Self Pick-Up di Toko

  1.  Sepanjang (i) Anda telah melunasi Harga Pembelian dan Biaya Lainnya; dan (ii) SBR menentukan bahwa Produk dapat dilakukan pengambilan dengan cara Self Pick-Up di Toko, Anda dapat mengambil Produk di Toko yang telah dipilih oleh Anda di Pesanan.
  2.  SBR akan menginformasikan waktu pengambilan Produk di Toko, dan Anda harus mengambil Produk di Toko pada jam operasional Toko tersebut selambat-lambatnya 2 (dua) hari kalender sejak SBR mengkonfirmasi dan memproses Pesanan Anda. SBR berhak mengenakan biaya tambahan atas setiap keterlambatan Anda dalam melakukan pengambilan Produk di Toko.
  3.  Pengambilan Pesanan dapat dilakukan Pengguna atau diwakilkan oleh orang lain pada jam operasional Toko dengan menyebutkan atau menunjukkan bukti Pesanan dan pembayaran. SBR berhak untuk melakukan verifikasi atas Pengguna atau wakilnya untuk memastikan bahwa Pengguna atau wakilnya tersebut merupakan pihak yang berhak untuk melakukan pengambilan atas Produk.
  4.  Pengguna atau perwakilannya wajib melakukan pengecekan Produk pada saat melakukan pengambilan Produk. Setelah pengambilan Produk, SBR tidak bertanggung jawab atas setiap ketidakcocokan, malfungsi, atau kerusakan atas Produk kecuali hal tersebut ditanggung dalam garansi atas suatu Produk.

7.2.2 Pengiriman oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran

  1.  Pilihan Penyedia Jasa Non-Pembayaran yang bekerja sama dengan SBR beserta Biaya Pengiriman dapat dilihat pada saat Pengguna melakukan Pembelian di Situs/Aplikasi ini.
  2.  Biaya Pengiriman bergantung pada berat suatu Produk, alamat tujuan pengiriman, dan tarif pengiriman yang ditentukan oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran.
  3.  Dalam waktu paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah SBR menerima Harga Pembelian, Biaya Pengiriman, dan Biaya Lainnya (jika ada), SBR akan melakukan pengiriman Produk kepada Pengguna melalui Penyedia Jasa Non-Pembayaran yang dipilih oleh Pengguna, sebagaimana tercantum dalam Pesanan.
  4.  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Penyedia Jasa Non-Pembayaran bukan merupakan agen dari SBR dan merupakan pihak independen yang menyediakan jasa pengiriman atas Produk. Dengan demikian, SBR tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengiriman, kerusakan atas Produk yang terjadi pada saat pengiriman, dan/atau kerugian lainnya yang ditimbulkan oleh Penyedia Jasa Non-Pembayaran.

7.3 Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya Penyedia Jasa Non-Pembayaran. Pengguna wajib pula tunduk serta terikat pada setiap syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap Penyedia Jasa Non-Pembayaran.

8. Garansi

8.1 SBR menjamin bahwa semua Produk yang ditawarkan dalam Situs/Aplikasi ini merupakan produk asli atau orisinil. Namun demikian, tidak semua pabrikan Produk memberikan garansi atas Produk. Pengguna harus membaca deskripsi Produk untuk mengetahui informasi mengenai (i) ketersediaan garansi Produk tersebut; (ii) cakupan dan pengecualian atas garansi; dan (iii) hal-hal lainnya terkait dengan garansi tersebut.

8.2 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa syarat, ketentuan, dan masa berlaku garansi mengacu pada ketentuan garansi yang berlaku di pabrikan Produk.

8.3 Pada saat Pengguna melakukan servis atas Produk, terdapat beberapa suku cadang yang tidak ditanggung dalam garansi sehingga akan menimbulkan biaya servis. Servis harus dilakukan di tempat yang sesuai dengan lokasi servis pada ketentuan garansi.

8.4 Pengajuan klaim garansi atas suatu Produk dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • a. Pengguna harus menghubungi Pusat Resolusi (atau melalui Toko di tempat mana Pengguna mengambil Produk) dan menginformasikan mengenai masalah yang terjadi;
  • b. Pengguna harus membawa atau mengirimkan Produk yang bermasalah (atas biaya Pengguna) ke tempat yang diinformasikan secara tertulis oleh SBR dengan melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang dipersyaratkan oleh SBR (termasuk tetapi tidak terbatas pada, kartu identitas Pengguna, bukti Pembelian dan pembayaran Produk, kartu garansi, dan informasi relevan lainnya); dan
  • c. Klaim garansi akan diteruskan oleh SBR kepada pabrikan dari masing-masing Produk.

8.5 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa proses klaim garansi mungkin memerlukan pemeriksaan, investigasi, dan tindakan teknis lainnya, yang akan membutuhkan waktu yang tidak dapat diperkirakan di awal. Lebih lanjut, segala keputusan akhir terkait klaim garansi merupakan wewenang dari SBR dan/atau pabrikan masing-masing Produk.

9. Tanggung Jawab Terbatas

9.1 Jika SBR gagal untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, SBR hanya akan bertanggung jawab kepada Anda untuk Harga Pembelian Produk.

9.2 Tidak ada yang dikatakan atau dinyatakan oleh tenaga penjualan atas nama SBR yang harus dipahami sebagai variasi dari Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku atau sebagai representasi SBR tentang sifat atau kualitas Produk apa pun.

9.3 Setiap saran yang diberikan oleh tenaga penjual SBR selama proses pemesanan didasarkan sepenuhnya pada informasi yang Pengguna berikan. Jika saran diberikan setelah inspeksi visual oleh tenaga penjual SBR, saran tersebut hanya merupakan pendapat SBR dan SBR tidak bertanggung jawab atas ketidakakuratan apa pun di dalamnya.

9.4 Pengguna menegaskan bahwa Pengguna harus mematuhi setiap dan semua aturan yang berkaitan dengan pemasangan dan penggunaan Produk dan sepenuhnya menerima bahwa SBR tidak bertanggung jawab atas kerugian apa pun yang diakibatkan oleh pemasangan atau penggunaan Produk secara paksa, salah arah, tidak sesuai, atau tidak memenuhi syarat, atau Produk yang tidak dirawat dengan baik. Selain itu, SBR tidak bertanggung jawab atas kematian atau cedera pribadi, kecuali disebabkan langsung oleh kelalaian SBR sendiri dan terbukti menurut hukum.

9.5 Setiap Produk, atau bagian darinya, yang dimodifikasi atau diadaptasi oleh Pengguna atau pihak ketiga mana pun tidak lagi dijamin oleh pabrikan dan SBR tidak bertanggung jawab atas kegagalan apa pun yang diakibatkan oleh modifikasi atau adaptasi tersebut.

9.6 Sepanjang diperbolehkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, SBR tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang diakibatkan oleh kegagalannya untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku yang termasuk dalam kategori berikut: (a) kehilangan pendapatan atau pendapatan; (b) kerugian bisnis; (c) hilangnya keuntungan; (d) hilangnya tabungan yang diantisipasi; (e) kehilangan data; atau (f) pemborosan waktu manajemen atau kantor; dan/atau (g) kerugian tidak langsung lainnya, kerugian konsekuensial, kerusakan, atau pengeluaran. Namun demikian, tidak ada dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku yang dimaksudkan untuk mengecualikan atau membatasi tanggung jawab SBR atas hal-hal yang akan menjadi ilegal bagi SBR untuk dikecualikan atau berusaha untuk mengecualikan tanggung jawabnya.

10. Member Point dan Promosi

10.1 Member Point

  1.  Anda berhak untuk mendapatkan member point atas setiap Pembelian Produk yang Anda lakukan di Situs/Aplikasi ini.
  2.  Dengan tunduk pada perubahan yang dapat dilakukan oleh SBR dari waktu ke waktu, setiap Pembelian Produk dengan kelipatan Rp100.000,- (seratus ribu Rupiah), Anda akan mendapatkan 1 member point. Member point tidak dapat diuangkan dan/atau dialihkan kepada pihak ketiga mana pun. Member point yang tidak digunakan dalam suatu jangka waktu tertentu (yang ditentukan oleh SBR) akan kadaluarsa dan tidak dapat digunakan.
  3.  Anda dapat melakukan pengecekan atas member point yang terkumpul di Situs/Aplikasi ini. Member point dapat digunakan sebagai potongan Harga Pembelian untuk pembelian Produk tertentu berikutnya dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh SBR dari waktu ke waktu.

10.2 Promosi

  1.  SBR berhak untuk melakukan kegiatan promosi dengan syarat dan ketentuan khusus yang berbeda-beda antara satu promosi dan promosi lainnya. Pengguna diharapkan untuk membaca secara seksama setiap syarat dan ketentuan yang berlaku pada promosi yang sedang berlangsung.
  2.  Dalam hal terjadi kesalahan promosi, termasuk namun tidak terbatas pada gambar, spesifikasi, harga, warna, kemasan, jumlah, kuota promosi, SBR berhak membatalkan Pesanan yang terkait.
  3.  Jika diduga/ditemukan indikasi pelanggaran promosi yang dilakukan Pengguna yang merugikan SBR, maka SBR berhak melakukan tindakan hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

11. Pembatalan Pesanan dan Pengembalian Harga Pembelian (Refund)

11.1 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa SBR berhak membatalkan Pesanan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. Atas pembatalan Pesanan yang dilakukan oleh SBR, SBR akan mengembalikan Harga Pembelian dan Biaya Pengiriman (sepanjang biaya tersebut belum dikeluarkan oleh SBR) yang telah dibayar lunas oleh Pengguna.

11.2 Pengguna dapat mengajukan pembatalan Pesanan sepanjang Pesanan belum dilakukan proses penyiapan oleh SBR dan/atau Toko. SBR berhak (i) menolak pengajuan pembatalan Pesanan apabila Pesanan sudah dalam proses penyiapan Pesanan oleh SBR dan/atau Toko; dan/atau (ii) mengenakan biaya pembatalan Pesanan, yang besarnya akan ditentukan oleh SBR (“Biaya Pembatalan Pesanan”). Atas pembatalan Pesanan yang dilakukan oleh Pengguna dan disetujui oleh SBR, SBR akan mengembalikan kepada Pengguna Harga Pembelian dan Biaya Pengiriman (sepanjang biaya tersebut belum dikeluarkan oleh SBR) dikurangi dengan Biaya Pembatalan Pesanan (jika ada).

11.3 Atas Pesanan yang dibatalkan, SBR dan/atau Penyedia Jasa Pembayaran akan melakukan pengembalian dana kepada Pengguna sesuai dengan metode pembayaran awal yang dipilih oleh Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di SBR dan/atau Penyedia Jasa Pembayaran. Proses pengembalian dana akan memakan waktu dengan kisaran 7 (tujuh) sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kerja sejak tanggal pembatalan Pesanan disetujui oleh SBR.

12. Pengembalian Produk (Retur)

12.1 Secara umum dipahami dan disetujui oleh Pengguna bahwa setiap Produk yang telah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan tanpa persetujuan tertulis dari SBR. Namun, Pengguna berhak untuk mengembalikan Produk sepanjang satu atau lebih hal-hal berikut ini terpenuhi:

  • a. Produk rusak, dan/atau
  • b. Produk cacat, dan/atau
  • c. Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, Produk tidak sesuai dengan keterangan di Situs/Aplikasi ini, dan/atau
  • d. Produk tidak lengkap, dan/atau
  • e. Produk tidak sesuai Pesanan.

12.2 SBR berhak menolak pengembalian Produk jika Produk mengalami kendala atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan, kelalaian, kecerobohan, ketidakhati-hatian, dan/atau ketidakcermatan pemakaian Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut:

  • a. Kesalahan penggunaan; dan/atau
  • b. Kesalahan ukuran dan/atau warna Produk; dan/atau
  • c. Terjatuh, terbentur, atau tergores; dan/atau
  • d. Terkena cairan; dan/atau
  • e. Kecelakaan; dan/atau
  • f. Bencana alam; dan/atau
  • g. Kesalahan instalasi; dan/atau
  • h. Sudah dibongkar pasang; dan/atau
  • i. Mengubah atau merusak stiker garansi, nomor seri, dan tanda keaslian; dan/atau
  • j. Memodifikasi atau memperbaiki.

12.3 Selain memenuhi ketentuan-ketentuan di atas, pengembalian Produk hanya dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:

  • a. Pengguna harus melakukan pengajuan pengembalian Produk kepada SBR dengan menghubungi Pusat Resolusi (atau melalui Toko di tempat mana Pengguna mengambil Produk) dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender setelah Pengguna menerima atau mengambil Produk;
  • b. Pengguna harus melengkapi hal-hal sebagai berikut:
    • Foto Produk (minimum 3 (tiga) foto dari sisi yang berbeda).
    • Video unboxing pada saat Anda menerima Produk dan video mengenai masalah atas Produk tersebut.
    • Informasi dan kronologis kejadian yang terkait.
    • Alasan pengembalian Produk.
    • Invoice dan bukti pembayaran Produk.
  • c. Produk yang dikembalikan wajib dikemas dalam kardus atau kemasan standard aslinya.
  • d. Pengguna harus mengembalikan Produk ke alamat yang ditentukan dan diinformasikan secara tertulis oleh SBR.
  • e. Atas Produk yang dikembalikan, SBR akan melakukan pengecekan Produk tersebut. Dalam hal menurut pendapat wajar SBR, Produk sudah pernah digunakan atau memenuhi ketentuan Pasal 12.2 di atas, SBR berhak untuk menolak pengembalian Produk.

12.4 Atas alasan apapun, suatu Produk yang dijual dengan diskon tertentu atau promosi tertentu tidak dapat ditukar atau dikembalikan.

12.5 Pengguna bertanggung jawab atas setiap biaya yang timbul sehubungan dengan pengembalian Produk, termasuk tetapi tidak terbatas pada, Biaya Pengiriman, biaya transfer, dan biaya terkait lainnya.

12.6 Dalam hal pengajuan pengembalian Produk disetujui oleh SBR, sesuai dengan kesepakatan antara SBR dan Pengguna, SBR akan melakukan (i) penukaran Produk (dengan Biaya Pengiriman akan menjadi tanggung jawab Pengguna); atau (ii) pengembalian dana sebesar Harga Pembelian, yang masing-masing akan dilakukan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku.

13. Pelanggaran

13.1 Jika diduga atau ditemukan adanya indikasi pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dan/atau penyalahgunaan yang dilakukan Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • a. Pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama; dan/atau
  • b. Penggunaan nomor telepon yang sama; dan/atau
  • c. Penggunaan alamat pengiriman yang sama; dan/atau
  • d. Penyalahgunaan nomor rekening/kartu kredit/debit/identitas; dan/atau
  • e. Manipulasi atau merekayasa Pembelian, promosi, dan/atau member point.

SBR berhak untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • i. Membatalkan Pesanan Pengguna;
  • ii. Menarik promosi, diskon, member point, atau manfaat lainnya;
  • iii. Meminta pengembalian subsidi, promosi, diskon, member point, atau manfaat lainnya yang telah diterima Pengguna;
  • iv. Menutup dan menonaktifkan akun Pengguna;
  • v. Melaporkan Pengguna kepada Kantor Kepolisian Republik Indonesia jika terdapat indikasi pidana; dan/atau
  • vi. Melakukan tindakan hukum lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

14. Komunikasi Elektronik

Setiap komunikasi dan korespondensi antara Pengguna dengan SBR sehubungan dengan Produk, Pembelian, Pesanan, dan hal-hal lainnya, serta informasi lainnya (termasuk tidak terbatas mengenai syarat-syarat tambahan Pembelian atau Pesanan, perubahan, pemberitahuan, laporan, pengkinian data, dan/atau promosi yang dilakukan oleh SBR) akan dilakukan melalui media komunikasi digital/elektronik (termasuk tidak terbatas melalui email, telepon, dan media komunikasi digital/elektronik lainnya yang akan digunakan oleh SBR), dari waktu ke waktu sesuai dengan prosedur yang berlaku.

15. Kebijakan Privasi

15.1 Pengguna dapat melihat Kebijakan Privasi SBR yang berisi tentang cara mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan informasi pribadi Pengguna, dan praktik perlindungan Pengguna di Situs/Aplikasi ini.

15.2 Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, Pengguna juga menyetujui seluruh isi Kebijakan Privasi SBR yang tertera di dalam Situs/Aplikasi ini.

16. Hak Kekayaan Intelektual

16.1 SBR adalah pemegang sah atas Situs/Aplikasi ini dan seluruh Konten yang ada di Situs/Aplikasi ini.

16.2 Tidak ada bagian-bagian dari Situs/Aplikasi ini yang dapat direproduksi, direkayasa, dipisahkan, diubah, didistribusikan, dipublikasikan kembali, ditampilkan, disiarkan, ditautkan (hyperlinked), disusun (framed), ditransfer atau dikirim dengan cara apapun atau disimpan/dipasang dalam suatu sistem pencarian informasi atau dipasang pada suatu server, sistem, atau peralatan, tanpa izin tertulis sebelumnya dari SBR atau dari pemilik hak kekayaan intelektual yang bersangkutan.

17. Pengembangan Sistem

SBR dari waktu ke waktu akan melakukan pengembangan sistem selama beberapa waktu untuk memberikan kenyamanan lebih pada pengalaman berbelanja Pengguna. Selama proses tersebut, maka SBR berhak membatalkan Pesanan Pengguna apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian yang dapat merugikan Pengguna ataupun SBR.

18. Ganti Rugi

Pengguna dengan ini melepaskan SBR dari tuntutan ganti rugi dan menjaga/membebaskan SBR (termasuk pemegang saham, Direktur, Komisaris, dan Karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul apabila Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, penggunaan layanan SBR yang tidak semestinya, dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

19. Keterpisahan

Apabila suatu bagian atau ketentuan dari Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku menjadi tidak sah atau tidak dapat diberlakukan karena hukum dan peraturan yang berlaku, Pengguna menyetujui bahwa ketidakabsahan tersebut tidak mempengaruhi bagian lain pada Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku. SBR akan berusaha untuk mengubah ketentuan tersebut agar sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

20. Perselisihan dan Pilihan Hukum

Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Segala perselisihan yang mungkin timbul antara Pengguna dan SBR sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dan/atau penggunaan Situs/Aplikasi ini akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

21. Perbedaan Informasi dan Tautan ke Situs Lainnya

21.1 Dalam hal terdapat perbedaan promosi, syarat dan ketentuan, serta informasi apapun yang tertera pada Situs/Aplikasi ini dan di luar Situs/Aplikasi ini, maka informasi, promosi, serta syarat dan ketentuan yang berlaku adalah yang tertera pada Situs/Aplikasi ini.

21.2 Situs/Aplikasi ini dapat berisi tautan internet ke situs lainnya yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak ketiga. Anda harus ketahui bahwa SBR tidak bertanggung jawab terhadap pengoperasian ataupun Konten yang terdapat di situs tersebut.

22. Keadaan Kahar

22.1 Tidak ada Pihak yang harus bertanggung jawab atas setiap keterlambatan atau kegagalan dalam setiap kewajiban (kecuali kewajiban untuk membayar) berdasarkan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku ini yang disebabkan oleh Keadaan Kahar, dengan syarat bahwa pihak yang terlambat atau terhambat oleh Keadaan Kahar tersebut telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari hal tersebut.

22.2 Keadaan Kahar berarti termasuk tetapi tidak terbatas pada kebijakan pemerintah atau lembaga terkait, pemogokan, huru-hara, pertempuran, peperangan, kebakaran, aksi terorisme, sabotase, peledakan, embargo, badai, banjir, gempa bumi, kerusakan perangkat lunak pihak ketiga, perilaku pihak ketiga (termasuk namun tidak terbatas pada peretas), kegagalan atau masalah dengan fasilitas umum (termasuk kegagalan listrik, telekomunikasi, atau internet).

23. Perubahan

23.1 SBR setiap saat berhak untuk melakukan perubahan pada Situs/Aplikasi ini, kebijakan, serta Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dan Kebijakan Privasi, termasuk namun tidak terbatas pada promosi, harga Produk, Konten, Biaya Pengiriman, dan Biaya Lainnya.

23.2 Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna diharapkan selalu membaca setiap Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku di SBR sebelum melakukan Pembelian atau transaksi lainnya di Situs/Aplikasi ini.

24. Tanda Tangan Elektronik

Persetujuan Pengguna atas (i) Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku; dan/atau (ii) suatu Pembelian atau Pesanan ditandatangani dengan tanda tangan elektronik (baik dengan cara meng-klik “SETUJU”, “CONFIRM”, “LANJUTKAN” atau perintah sejenis lainnya), yang harus dianggap sebagai tanda tangan asli untuk semua tujuan dan yang memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan asli (basah). Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa Pengguna secara tegas mengesampingkan setiap hak untuk (a) mengajukan pembelaan atau pelepasan tanggung jawab/kewajiban; dan/atau (b) membatalkan Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, suatu Pembelian dan/atau Pesanan, atas alasan penandatanganan oleh Pengguna dilakukan dengan tanda tangan elektronik.

25. Layanan Pengaduan

25.1 Jika Anda memiliki keluhan atau pertanyaan terkait Produk dan/atau hal-hal yang tercantum dalam Aplikasi, Anda dapat menghubungi kami melalui Pusat Resolusi Kami, sebagai berikut:

  • Email: support@cyclopedia.id; atau
  • WhatsApp: 0812 9032 0466

25.2 ANDA JUGA DAPAT MENGHUBUNGI LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN DIREKTORAT JENDERAL PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN TERTIB NIAGA (DJPTKN), KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA, GEDUNG I LANTAI 3 JALAN M.I. RIDWAN RAIS NO. 5, JAKARTA PUSAT 10110, +62-21-3858171 ATAU +62-21-3451692.

Terms & Conditions

Welcome to the site or application www.cyclopedia.id (“Site/Application”) owned by PT Surya Bumi Retailindo (hereinafter referred to as “SBR”, “Seller”, or “We”). You must read, understand, accept and agree to all the terms and conditions on this Site/Application before using, accessing and/or receiving the content contained therein (hereinafter referred to as the "Applicable Terms and Conditions"). Applicable Terms and Conditions is an agreement between Users and SBR which contains a set of rules that regulate the rights, obligations, responsibilities and procedures for Users and SBR in using SBR services.

If you are under 18 (eighteen) years of age, you must obtain consent from your parent or guardian before (i) accessing or using this Site/Application; (ii) agree to the Applicable Terms and Conditions; and/or (iii) make purchases of goods and/or services offered on this Site/Application.

By accessing or using the Site/Application (including, but not limited to, purchasing goods and/or services offered), you are deemed to have (i) understood and agreed to all contents of the Terms and Conditions contained in this Site/Application; and/or (ii) if you are under 18 (eighteen) years of age, obtain the consent of your parent or guardian.

1. Definition

1.1. Other Fees are credit card service fees, transfer fees, service fees, and/or other fees that are not the Purchase Price charged by SBR, Payment Service Providers, and/or Non-Payment Service Providers.

1.2. Delivery Fees are the shipping costs for a Product charged by the Non-Paying Service Provider, and are not included in the Purchase Price.

1.3. The Purchase Price is the price stated on the Product on this Site/Application, and does not include Delivery Fees and Other Fees.

1.4. Content is all material or information contained in or available through this Site/Application, including but not limited to text, graphics, logos, icons, images, audio clips, digital downloads, data combinations, software, and all intellectual property rights in This Site/Application.

1.5. Purchases are shopping transactions or product purchases made by Users through this Site/Application.

1.6. Users or you are the party who uses the services of this Site/Application, including but not limited to purchasing, or accessing information or content contained in this Site/Application.

1.7. Non-Payment Service Provider is any party that collaborates with SBR in providing non-payment services for each Order, including but not limited to expedition/logistics companies.

1.8. Payment Service Provider is any party that collaborates with SBR in providing banking services or payment services.

1.9. Orders are the result of Product Purchases by Users through this Site/Application which must be fulfilled by SBR. Each Order will have one unique Order number but may consist of several invoice numbers.

1.10. Products are goods or services offered by Sellers on this Site/Application that can be purchased by Users.

1.11. The Resolution Center is a service provided by SBR and which can be used by Users to obtain any information regarding SBR services, Purchase procedures, Order status, guarantees, Product returns, refunds, and other matters related to this Site/Application. The Resolution Center can be contacted via:

  • Email: support@cyclopedia.id ; or
  • WhatsApp: 0812 9032 0466

1.12. The shop is a party that collaborates with SBR in connection with every product offered or sold by SBR on this Site/Application.

2. Account

2.1 In order for you to make Purchases on this Site/Application, you must first register your account in accordance with the procedures specified in this Site/Application. These procedures may be changed by SBR from time to time.

2.2 When registering an account, the User represents and guarantees to SBR that:

  • a. Users are individuals who have reached the age of 18 (eighteen) years or more when using SBR services;
  • b. In the event that the User is under 18 years of age, the User has obtained consent from the parent/guardian;
  • c. Users are individuals/legal entities/business entities with legality as required by applicable laws and regulations in the jurisdiction of the Republic of Indonesia;
  • d. Users are not individuals and/or legal entities who are prohibited by the laws of the Republic of Indonesia from receiving or using SBR services; And
  • e. Users declare that all information and/or documents filled in or submitted to SBR are accurate, correct, complete, current and appropriate.

2.3 Users are fully responsible for the confidentiality of User account information, including email addresses, passwords, voucher codes, membership and other things.

2.4 SBR has the right to carry out checks regarding the truth, validity of information or documents submitted to SBR. For any reason (including if there are indications of fraud or non-compliance based solely on SBR's judgment), SBR has the right to terminate, cancel or block User access and accounts to this Site/Application service.

2.5 Users can change account information such as name, address, telephone number and email address in accordance with the procedures specified in this Site/Application and/or other methods determined by SBR. Users are only permitted to use one email address to register on this Site/Application.

2.6 SBR does not charge fees for registration or changes to account information from Users.

2.7 SBR has the right to verify the User's telephone number and email address using a one-time password (OTP) or other method determined by SBR from time to time.

2.8 Users are prohibited from selling, attempting to sell, offering to sell, giving, handing over or transferring accounts to third parties without the prior written consent of SBR. In the event that a User violates these provisions, all consequences, risks and/or losses that arise are the sole responsibility of the User.

3. Use of Services

3.1 Users agree to comply with any policies, procedures, guidelines, instructions and notices relating to SBR services.

3.2 Access to this service is only permitted for Purchasing purposes and interests as well as information related to SBR services.

3.3 Users are prohibited from loading or publishing Content that violates third party intellectual property rights.

3.4 Users are prohibited from using or uploading software or materials that contain/are suspected to contain viruses, destructive components, malicious code, or other harmful components that can or have the potential to damage data, cause damage, or interfere with the operation of this Site/Application.

3.5 Users are not permitted to reproduce, distribute, display, sell, rent, transmit, create derivative works from, translate, modify, reverse engineer, disassemble, decompile or exploit any Content contained in this Site/Application.

3.6 SBR has the right to monitor, filter or control any activity, content or material contained in this Site/Application.

3.7 SBR has the right to take action that is deemed appropriate and appropriate if there is misuse of the service or violation of the Applicable Terms and Conditions by the User.

4. Product Description and Accuracy

4.1 A description of the main characteristics of the Product can be found on the Product page on this Site/Application. SBR strives to provide as accurate Product descriptions as possible. However, SBR cannot guarantee that all descriptions or content of a product contained in this Site/Application are accurate, complete and/or current.

4.2 User understands and agrees that:

  • a. All Product specifications are obtained by SBR from the manufacturer, but these specifications can be changed at any time by the manufacturer without prior warning or notification to SBR;
  • b. The color accuracy of the monitor screen may vary depending on the lighting, settings, or resolution of the User's monitor screen. Thus, the color of the Product received may be different from the color that the User sees on the User's monitor screen; And
  • c. Product availability listed on this Site/Application may not correspond to actual availability, which can be caused by damaged/defective Products, system errors, and/or other technical errors. Therefore, the User understands and agrees that SBR has the right to transfer, refuse or cancel the relevant Order.

4.3 For each Order received, SBR will carry out an inspection to ensure the conformity of the Product with the information contained on this Site/Application. If, based on SBR's opinion, there are inaccuracies/non-conformities, then SBR has the right to refuse/cancel the Order.

4.4 A Product sold on this Site/Application may be a Product that is not always available and therefore requires prior ordering (Pre-Order). This Site/Application or SBR will inform the User if a Product ordered by the User is a pre-order Product.

5. Transaction and Purchase Price

5.1 The Product price stated on the Product page includes all applicable taxes. Product prices may vary and may only be available for a limited period. All prices and offers are subject to availability and may be withdrawn or changed at SBR's discretion. Prices on this Site/Application may be different from prices in stores, catalogs or elsewhere.

5.2 This Site/App contains a large number of Products and it is possible that, despite Our best efforts, some of the Products listed on this Site/App may be incorrectly priced. If SBR finds an error in the price of the Product you ordered, SBR will inform you of this as soon as possible. In addition to SBR's right to cancel any Order, SBR will give you the option to reconfirm your Order at the correct price or cancel it.

5.3 A Purchase will be deemed to have been accepted (and subsequently become an Order) and processed by SBR after payment of the Purchase Price, Delivery Fees and Other Fees (if any) is received in full by SBR.

5.4 Products that have been purchased cannot be returned or exchanged for other products unless otherwise regulated in the Applicable Terms and Conditions.

5.5 The User understands and agrees that apart from the Purchase Price, the User must bear the Delivery Costs and Other Costs arising from a Purchase. SBR is not responsible for any imposition of such fees by third parties in connection with a Purchase.

5.6 The User agrees that SBR has the right to refuse or cancel, either part or all of the Order, in the event that there is a Product price error, promotional error or other error displayed on this Site/Application even though the User has made payment for the Order.

6. Payment

6.1 SBR collaborates with Payment Service Providers in providing various payment methods on this Site/Application that can be used by Users in accordance with the Applicable Terms and Conditions. The following are the payment methods that Users can choose:

  • Transfer.
  • Credit Card - Payment by credit card is valid for credit cards with the VISA, MasterCard, American Express, or JCB logo in collaboration with SBR.
  • Online Debit (valid for debit cards with the VISA or MasterCard logo in collaboration with SBR).
  • E-Wallet (Go-Pay and others).

The payment methods that can be used by the User mentioned above will be displayed on this Site/Application when the User wants to make payment for a Purchase.

6.2 When making purchases on this Site/Application, Users are required to use the payment method above. Users are also required to comply with and be bound by all terms and conditions that apply to each Payment Service Provider.

6.3 Users are obliged to pay the full Purchase Price, Delivery Fees and Other Fees within the time period specified for each payment method selected by the User. SBR has the right to cancel the Order if payment of the Purchase Price, Delivery Fees and Other Fees has not been made by the User within the specified time period.

6.4 The User understands and agrees that if there is a price discount, promotion or other benefit on the Order that has been made but the User does not make payment by the specified time limit, the Order will be canceled (including the price discount, promotion or other benefit). In such case, such price discount, promotion or other benefit may become unavailable for any subsequent Orders.

6.5 SBR may charge the User an administration or service fee for each payment method chosen by the User. These administration or service fees will be displayed and informed to the User before the User makes payment of the Purchase Price. Administrative or service fees charged by SBR (if any) will be included in the Other Fees component.

6.6 Payment Service Providers may charge Users an administration or service fee for each payment method chosen by the User. Administration or service fees charged by Payment Service Providers may not be displayed and communicated to Users on this Site/Application before Users make payment. Administration or service fees charged by the Payment Service Provider (if any) will be included in the Other Fees component.

6.7 For each payment method chosen by the User, the User understands and agrees to the following:

  • a. The User must make payment for the Order in the amount displayed on this Site/Application according to the User's choice of payment method.
  • b. Errors made by the User (including transfer errors, errors in entering required information, etc.) are the sole responsibility of the User.
  • c. As long as it is available and by following the applicable provisions in SBR, Users can take advantage of the installment program provided by the credit card issuing bank.
  • d. Users are prohibited from using credit card or E-Wallet payment methods other than those intended as a means of payment. If there is a Product Purchase transaction using a credit card or E-Wallet that violates legal provisions and/or Applicable Terms and Conditions, then SBR has the authority to withhold transaction funds for as long as required by SBR and/or the Payment Service Provider to carry out the necessary investigations.
  • e. SBR has the authority to carry out investigations into credit card or E-Wallet transactions by holding the payment verification process before the transaction is processed until a certain time limit until receiving confirmation from the relevant Payment Service Provider if there are indications of violations of applicable legal provisions and/or Applicable Terms and Conditions .
  • f. In the verification process carried out by the relevant Payment Service Provider, the User may be contacted by the relevant Payment Service Provider. If the User does not deny or cancel the verification, then SBR will process the Purchase and Order transaction, and SBR is not responsible if any loss occurs due to the User's negligence.
  • g. The User understands and agrees that the User is personally responsible for maintaining the confidentiality and/or security of the User's data by maintaining the confidentiality of data and information, including but not limited to, Debit Card numbers, Credit Cards, Credit Card CVV codes, and verification SMS codes or OTP (One-time Password) SMS code that has been sent by the relevant Payment Service Provider when the User makes a Purchase transaction.
  • h. If the Purchase transaction is unsuccessful and/or cancelled, then the bill for the transaction will be canceled and the transaction funds (if any) will be returned to (i) the User's bank account; (ii) User's credit card limit on the next bill; and/or (iii) the User's E-Wallet (whichever is in accordance with the applicable provisions of the Payment Service Provider).

6.8 For each payment that has been received in connection with an Order, SBR will send notification of receipt of payment to the User via the User's email address registered with SBR.

6.9 The User understands and agrees that all losses arising as a result of providing payment services (including in the event that SBR does not receive payment that has been successfully made by the User as a result of an error by the Payment Service Provider) are fully the responsibility of the User and the Payment Service Provider.

7. Delivery

7.1 Customers must include a valid telephone number in the profile, as well as enter a shipping address each time the Customer makes a Purchase. SBR is not responsible for User errors or mistakes in writing addresses and telephone numbers for Product delivery purposes.

7.2 SBR provides several Product delivery options, as follows:

7.2.1 Self Pick-Up in Store

  1.  As long as (i) you have paid the Purchase Price and Other Fees; and (ii) SBR determines that the Product can be picked up by Self Pick-Up at the Store, you can pick up the Product at the Store that you have selected in the Order.
  2.  SBR will inform you of the time to pick up the Product at the Store, and you must pick up the Product at the Store during the Store's operational hours no later than 2 (two) calendar days after SBR confirms and processes your Order. SBR has the right to charge additional fees for any delays you make in picking up the Product at the Store.
  3.  Users can take orders or be represented by other people during shop operating hours by mentioning or showing proof of the order and payment. SBR has the right to verify the User or his representative to ensure that the User or his representative is the party entitled to collect the Product.
  4.  Users or their representatives are required to check the Product when picking up the Product. After collection of the Product, SBR is not responsible for any incompatibility, malfunction, or damage to the Product unless this is covered by the warranty for a Product.

7.2.2 Delivery by Non-Paying Service Providers

  1.  The choice of Non-Payment Service Providers who collaborate with SBR along with Delivery Fees can be seen when the User makes a Purchase on this Site/Application.
  2.  Shipping costs depend on the weight of a Product, the delivery address, and shipping rates determined by the Non-Payment Service Provider.
  3.  Within 3 (three) working days after SBR receives the Purchase Price, Delivery Fees and Other Fees (if any), SBR will send the Products to the User via the Non-Payment Service Provider selected by the User, as stated in the Order.
  4.  Users understand and agree that the Non-Payment Service Provider is not an agent of SBR and is an independent party that provides product delivery services. Thus, SBR is not responsible for delivery errors, damage to Products that occur during delivery, and/or other losses incurred by Non-Paying Service Providers.

7.3 Any provisions regarding the Product delivery process are the sole authority of the Non-Payment Service Provider. Users are also obliged to comply with and be bound by all terms and conditions that apply to each Non-Payment Service Provider.

8. Guarantee

8.1 SBR guarantees that all products offered on this Site/Application are genuine or original products. However, not all Product manufacturers provide a guarantee for the Product. Users must read the Product description for information regarding (i) the availability of the Product warranty; (ii) coverage and exclusions of warranties; and (iii) other matters related to the guarantee.

8.2 Users understand and agree that the terms, conditions and validity period of the warranty refer to the applicable warranty provisions of the Product manufacturer.

8.3 When the User services the Product, there are some spare parts that are not covered by the warranty so that service costs will result. Service must be carried out in a place that corresponds to the service location in the warranty provisions.

8.4 Submission of a warranty claim for a Product is carried out in the following manner:

  • a. The User must contact the Resolution Center (or through the Store where the User picks up the Product) and inform about the problem that has occurred;
  • b. The User must bring or send the problematic Product (at the User's expense) to a place informed in writing by SBR by attaching supporting documents required by SBR (including but not limited to, User's identity card, proof of Product Purchase and payment, warranty card , and other relevant information); And
  • c. Warranty claims will be forwarded by SBR to the manufacturer of each Product.

8.5 The User understands and agrees that the warranty claim process may require inspections, investigations and other technical measures, which will require time that cannot be estimated in advance. Furthermore, all final decisions regarding warranty claims are the authority of SBR and/or the manufacturer of each Product.

9. Limited Liability

9.1 If SBR fails to comply with the Applicable Terms and Conditions, SBR will only be liable to you for the Purchase Price of the Products.

9.2 Nothing said or stated by a salesperson on behalf of SBR should be understood as a variation of the Applicable Terms and Conditions or as a representation by SBR about the nature or quality of any Product.

9.3 Any suggestions given by SBR sales personnel during the ordering process are based entirely on the information the User provides. If suggestions are given after visual inspection by SBR sales personnel, such suggestions constitute SBR's opinion only and SBR is not responsible for any inaccuracies therein.

9.4 The User confirms that the User must comply with any and all rules relating to the installation and use of the Product and fully accepts that SBR is not responsible for any loss resulting from forced, misdirected, inappropriate or unqualified installation or use of the Product , or Products that have not been properly maintained. In addition, SBR is not responsible for death or personal injury, unless caused directly by SBR's own negligence and proven according to law.

9.5 Any Product, or part thereof, modified or adapted by the User or any third party is no longer warranted by the manufacturer and SBR shall not be liable for any failure resulting from such modification or adaptation.

9.6 To the extent permitted under applicable statutory provisions, SBR shall not be liable for any losses resulting from its failure to comply with the Applicable Terms and Conditions which fall into the following categories: (a) loss of income or income; (b) business losses; (c) loss of profits; (d) loss of anticipated savings; (e) data loss; or (f) waste of management or office time; and/or (g) other indirect losses, consequential losses, damages or expenses. However, nothing in the Applicable Terms and Conditions is intended to exclude or limit SBR's liability for matters for which it would be illegal for SBR to exclude or attempt to exclude its liability.

10. Member Points and Promotions

10.1 Member Points

  1.  You have the right to get member points for every product purchase you make on this Site/Application.
  2.  Subject to changes that may be made by SBR from time to time, for every Product Purchase in multiples of IDR 100,000 (one hundred thousand Rupiah), you will get 1 member point. Member points cannot be cashed and/or transferred to any third party. Member points that are not used within a certain period of time (determined by SBR) will expire and cannot be used.
  3.  You can check the member points collected on this Site/Application. Member points can be used as a discount on the Purchase Price for the next purchase of certain Products subject to the terms and conditions determined by SBR from time to time.

10.2 Promotion

  1.  SBR has the right to carry out promotional activities with special terms and conditions that vary from one promotion to another. Users are expected to read carefully each terms and conditions that apply to ongoing promotions.
  2.  In the event of promotional errors, including but not limited to images, specifications, prices, colors, packaging, quantities, promotional quotas, SBR has the right to cancel the relevant Order.
  3.  If it is suspected/found that there are indications of promotional violations committed by Users that are detrimental to SBR, then SBR has the right to take legal action in accordance with the provisions of applicable laws and regulations.

11. Order Cancellation and Return of Purchase Price (Refund)

11.1 Users understand and agree that SBR has the right to cancel Orders in accordance with the provisions stated in the Applicable Terms and Conditions. Upon cancellation of an Order made by SBR, SBR will refund the Purchase Price and Delivery Fees (as long as these costs have not been incurred by SBR) which have been paid in full by the User.

11.2 Users can request cancellation of an Order as long as the Order has not been prepared by SBR and/or the Store. SBR has the right to (i) refuse a request to cancel an Order if the Order is already in the Order preparation process by SBR and/or the Shop; and/or (ii) charge an Order cancellation fee, the amount of which will be determined by SBR (“Order Cancellation Fee”). Upon cancellation of an Order made by the User and approved by SBR, SBR will refund to the User the Purchase Price and Delivery Costs (as long as these costs have not been incurred by SBR) minus the Order Cancellation Fee (if any).

11.3 For canceled orders, SBR and/or the Payment Service Provider will issue a refund to the User according to the initial payment method chosen by the User in accordance with the applicable provisions of SBR and/or the Payment Service Provider. The refund process will take in the range of 7 (seven) to 30 (thirty) working days from the date the Order cancellation is approved by SBR.

12. Product Returns (Returns)

12.1 It is generally understood and agreed by the User that any Product that has been purchased cannot be exchanged or returned without written approval from SBR. However, the User has the right to return the Product as long as one or more of the following conditions are met:

  • a. Damaged product, and/or
  • b. Defective products, and/or
  • c. Subject to other terms and conditions in the Applicable Terms and Conditions, the Product does not match the description on this Site/Application, and/or
  • d. Incomplete product, and/or
  • e. The product does not match the order.

12.2 SBR has the right to refuse to return the Product if the Product experiences problems or damage caused by the User's error, negligence, carelessness, carelessness and/or careless use, including but not limited to the following:

  • a. Usage error; and/or
  • b. Product size and/or color errors; and/or
  • c. Dropped, hit, or scratched; and/or
  • d. Exposed to liquid; and/or
  • e. Accident; and/or
  • f. Natural disasters; and/or
  • g. Installation error; and/or
  • h. It has been disassembled; and/or
  • i. Altering or damaging warranty stickers, serial numbers, and signs of authenticity; and/or
  • j. Modify or repair.

12.3 Apart from fulfilling the provisions above, product returns can only be made in accordance with the following provisions:

  • a. The User must submit a Product return application to SBR by contacting the Resolution Center (or through the Store where the User took the Product) within 7 (seven) calendar days after the User receives or takes the Product;
  • b. Users must complete the following:
    • Product Photos (minimum 3 (three) photos from different sides).
    • Unboxing video when you receive the Product and video regarding problems with the Product.
    • Information and chronology of related events.
    • Reason for returning the Product.
    • Invoice and proof of payment for Products.
  • c. Returned products must be packaged in their original cardboard or standard packaging.
  • d. Users must return the Product to the address specified and informed in writing by SBR.
  • e. For returned products, SBR will check the products. In the event that in SBR's reasonable opinion, the Product has already been used or meets the provisions of Article 12.2 above, SBR has the right to refuse to return the Product.

12.4 For any reason, a Product sold with a certain discount or certain promotion cannot be exchanged or returned.

12.5 Users are responsible for any costs incurred in connection with returning Products, including but not limited to, Delivery Fees, transfer fees and other related costs.

12.6 If the application for returning a Product is approved by SBR, in accordance with the agreement between SBR and the User, SBR will (i) exchange the Product (with Delivery Costs being the User's responsibility); or (ii) a refund of the Purchase Price, each of which will be made in accordance with the Applicable Terms and Conditions.

13. Violation

13.1 If indications of violations of the Applicable Terms and Conditions and/or abuse by the User are suspected or found, including but not limited to:

  • a. Creation of more than 1 (one) account by the same 1 (one) User; and/or
  • b. Use of the same telephone number; and/or
  • c. Use of the same delivery address; and/or
  • d. Misuse of account/credit/debit/identity card numbers; and/or
  • e. Manipulate or manipulate purchases, promotions and/or member points.

SBR has the right to take necessary actions, including but not limited to:

  • i. Canceling User Orders;
  • ii. Attract promotions, discounts, member points, or other benefits;
  • iii. Request a return of subsidies, promotions, discounts, member points, or other benefits that Users have received;
  • iv. Close and deactivate User accounts;
  • v. Report Users to the Republic of Indonesia Police Office if there are indications of criminal conduct; and/or
  • vi. Carry out other legal actions in accordance with applicable laws and regulations.

14. Electronic Communications

Every communication and correspondence between Users and SBR regarding Products, Purchases, Orders, and other matters, as well as other information (including without limitation regarding additional conditions for Purchases or Orders, changes, notifications, reports, data updates, and/or promotions carried out by SBR) will be carried out through digital/electronic communication media (including without limitation via email, telephone and other digital/electronic communication media that will be used by SBR), from time to time in accordance with applicable procedures.

15. Privacy Policy

15.1 Users can see the SBR Privacy Policy which contains how to collect, use or disclose Users' personal information, and User protection practices on this Site/Application.

15.2 By agreeing to the Applicable Terms and Conditions, Users also agree to all the contents of the SBR Privacy Policy as stated on this Site/Application.

16. Intellectual Property Rights

16.1 SBR is the legal holder of this Site/Application and all Content on this Site/Application.

16.2 No part of this Site/Application may be reproduced, engineered, separated, modified, distributed, republished, displayed, broadcast, hyperlinked, framed, transferred or transmitted in any way or stored/installed in an information retrieval system or installed on a server, system or equipment, without prior written permission from SBR or from the owner of the relevant intellectual property rights.

17. System Development

From time to time, SBR will develop the system over time to provide more convenience to the User's shopping experience. During this process, SBR has the right to cancel the User's Order if any discrepancy is found which could harm the User or SBR.

18. Indemnification

Users hereby release SBR from claims for compensation and defend/release SBR (including shareholders, Directors, Commissioners and Employees) from any claims or demands, including reasonable legal costs, made by third parties that arise if Users violate the Terms and Conditions. Applicable Provisions, improper use of SBR services, and/or User violations of law or third party rights.

19. Separability

If a part or provision of the Applicable Terms and Conditions becomes invalid or unenforceable due to applicable laws and regulations, the User agrees that such invalidity does not affect other parts of the Applicable Terms and Conditions. SBR will endeavor to amend these provisions to comply with applicable laws and regulations.

20. Disputes and Choice of Law

Applicable Terms and Conditions are governed and interpreted based on the laws of the Republic of Indonesia. All disputes that may arise between Users and SBR in connection with the Applicable Terms and Conditions and/or use of this Site/Application will be resolved through the West Jakarta District Court.

21. Discrepancies in Information and Links to Other Sites

21.1 In the event that there are differences in promotions, terms and conditions, as well as any information stated on this Site/Application and outside this Site/Application, the information, promotions, and terms and conditions that apply are those stated on this Site/Application.

21.2 This Site/Application may contain internet links to other sites owned and operated by third parties. You should be aware that SBR is not responsible for the operation or content of these sites.

22. Force Majeure

22.1 Neither Party shall be responsible for any delay or failure in any obligation (except the obligation to pay) under these Applicable Terms and Conditions which is caused by a Force Majeure Event, provided that the party who is delayed or hampered by the Force Majeure Event has made maximum efforts perhaps to avoid this.

22.2 Force Majeure means including but not limited to government policies or related institutions, strikes, riots, battles, wars, fires, acts of terrorism, sabotage, explosions, embargoes, storms, floods, earthquakes, damage to third party software, behavior third parties (including but not limited to hackers), failures or problems with public facilities (including electrical, telecommunications or internet failures).

23. Change

23.1 SBR reserves the right at any time to make changes to this Site/Application, policies, as well as the Applicable Terms and Conditions and Privacy Policy, including but not limited to promotions, product prices, content, shipping costs and other costs.

23.2 Applicable Terms and Conditions may change at any time without prior notice. Users are expected to always read all the Terms and Conditions Applicable at SBR before making purchases or other transactions on this Site/Application.

24. Electronic Signature

User Agreement to (i) Applicable Terms and Conditions; and/or (ii) a Purchase or Order is signed with an electronic signature (either by clicking “AGREE”, “CONFIRM”, “CONTINUE” or other similar command), which shall be considered an original signature for all purposes and which has the same legal force as an original (wet) signature. The User acknowledges and agrees that the User expressly waives any right to (a) file a defense or release of responsibility/obligation; and/or (b) cancel the Applicable Terms and Conditions, a Purchase and/or Order, for reasons of signing by the User using an electronic signature.

25. Complaint Services

25.1 If you have complaints or questions regarding the Products and/or matters listed in the Application, you can contact us via Our Resolution Center, as follows:

  • Email: support@cyclopedia.id ; or
  • WhatsApp: 0812 9032 0466

25.2 YOU CAN ALSO CONTACT THE CONSUMER COMPLAINTS SERVICE OF THE DIRECTORATE GENERAL OF CONSUMER PROTECTION AND COMMERCIAL ORDER (DJPTKN), MINISTRY OF TRADE OF THE REPUBLIC OF INDONESIA, BUILDING I FLOOR 3 JALAN MI RIDWAN RAIS NO. 5, CENTRAL JAKARTA 10110, +62-21-3858171 OR +62-21-3451692.