My Cart Items 0

Kebijakan Komplain Produk di Cyclopedia

                Anda  dapat mengajukan komplain produk (retur) selama  3 hari kerja  setelah produk Anda terima. Jika tidak ada pengajuan komplain hingga batas waktu tersebut, maka Anda tidak akan bisa mengajukan komplain lagi atas apapun kendalanya. Berikut ini adalah jenis penyelesaian komplain dengan 3 tipe solusi , yaitu:

                1. Pengembalian Uang,
                2. Penggantian Produk, atau
                3. Penambahan Produk

                Anda harus membaca Kebijakan Pengembalian Produk Cyclopedia sebelum melakukan pengembalian produk.

                A. Kebijakan Pengembalian Produk

                Kami hanya akan melayani pengembalian produk dengan alasan-alasan berikut ini:

                No

                Alasan Pengembalian

                Batas Waktu Klaim

                Pengembalian Uang

                Penggantian Produk

                Penambahan Produk

                1

                Produk rusak/ cacat

                3 hari kerja

                Ya

                Ya, SKU sama

                tidak

                2

                Spesifikasi produk tidak sesuai dengan yang tertera di aplikasi/ website

                3 hari kerja

                Ya

                Ya, SKU sama

                tidak

                3

                Produk yang diterima kurang jumlah atau kurang komponen kelengkapan

                3 hari kerja

                Ya

                Ya, SKU sama

                Ya. SKU sama atau kompatibel

                4

                Produk yang ingin ditukar atas keinginan Customer 3 hari kerja Tidak Ya. SKU berbeda dengan tipe yang sama Tidak

                1. Ketentuan produk rusak/ cacat


                Yang dimaksud dengan produk rusak di sini adalah : 

                1. Barang yang tidak sesuai dengan kondisi (cacat produksi)
                2. Barang yang packagingnya telah rusak segelnya pada saat barang diterima
                3. Barang yang malfungsi (tidak berfungsi dengan baik/ rusak)
                4. Barang rusak saat pengiriman
                5. Barang tidak sesuai dengan pesanan (contoh: salah ukuran atau warna)
                1. Ketentuan produk yang memiliki spesifikasi ataupun kelengkapan yang tidak sesuai.

                Yang dimaksudkan di sini adalah spesifikasi dan kelengkapan produk yang Anda terima berbeda dengan spesifikasi dan deskripsi produk sebagaimana tercantum pada aplikasi/ website yang mencakup jumlah, tipe, dan ukuran produk.

                1. Ketentuan produk yang diterima kurang jumlah atau kurang komponen kelengkapan

                Produk yang pada saat diterima tidak sesuai kelengkapannya dari komponen atau kurang jumlahnya

                B. Mekanisme Pengajuan Pengembalian Produk (retur)

                1. Silahkan  mengajukan komplain barang (retur) tersebut paling lambat  3 (tiga) hari kerja  dari waktu Anda menerima produk dengan  menghubungi Customer Care Cyclopedia
                2. Wajib menyertakan  video unboxing   (pembukaan paket) sebagai bukti valid jika barang rusak/tidak berfungsi dari awal penerimaan.
                3. Tim Cyclopedia akan melakukan pengecekan pengajuan komplain Anda maksimal 1x24 jam sejak pengajuan diterima.
                4. Anda wajib melakukan pengisian  Form Komplain Produk di website, yang akan di kirimkan oleh Customer Care Cyclopedia melalui  email/ Whatsapp
                5. Struk/ invoice pembelian  harus dilampirkan pada saat pengiriman pengembalian barang.
                6. Semua barang (beserta kemasan asli) yang akan dikembalikan harus dalam kondisi yang sama (masih ada label/tag harga, kemasan dan barcode), tidak pernah dipakai, tidak kotor, tidak tergores, tidak dicuci sebelumnya atau hal apapun yang merubah keaslian produk
                7. Untuk produk yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak (jika sudah lebih dari 3 (tiga) hari kerja setelah Anda terima), kami sarankan untuk langsung menghubungi layanan Customer Care Cyclopedia, agar dapat memperoleh penanganan langsung.
                8. Refund/ pengembalian dana hanya dapat diberikan jika stock barang yang ingin Anda tukar tidak tersedia di Warehouse/ toko partner Cyclopedia dan jika terdapat kesalahan pengiriman barang yang disebabkan oleh kesalahan dari pihak Cyclopedia
                9. Setelah menerima produk yang Anda kembalikan, dalam tempo maksimal 7 hari kerja, tim Cyclopedia akan mengirimkan barang pengganti.
                10. Apabila barang yang kami terima tidak sesuai dengan Mekanisme Pengajuan di atas, maka Produk tersebut akan Kami kirimkan kembali kepada Anda maksimal 3 (tiga) hari kerja.
                C. Batas Waktu Penerimaan Proses Pengembalian Produk

                1. Batas waktu penerimaan produk yang dikembalikan, maksimal 7 hari kerja sejak pengajuan disetujui
                2. Alamat untuk mengembalikan barang akan di informasikan oleh Customer Care Cyclopedia
                3. Tim Cyclopedia menyarankan Anda untuk memonitor waktu pengiriman kepada jasa kurir/ ekspedisi yang digunakan, sehingga produk Anda tiba sesuai dengan batas waktu yang ditentukan
                D. Mekanisme & Jangka Waktu Pengembalian Dana (refund)

                1. Apabila persyaratan/ mekanisme komplain barang terpenuhi dan stock barang pengganti tidak tersedia, maka pengajuan pengembalian dana (refund) disetujui
                2. Setelah barang diterima dan diverifikasi oleh tim Cyclopedia, Anda akan mendapatkan email konfirmasi permintaan nomor rekening
                3. Anda diharapkan menginformasikan nomor rekening dengan data rekening  valid  dan masih aktif. Jika Anda belum memberikan nomor rekening dan/atau memberikan data rekening yang tidak  valid  (termasuk salah dalam penulisan data) maka proses refund akan tertunda.
                4. Jangka waktu pengembalian dana (refund) estimasi 3 - 14 hari kerja (atau bisa lebih cepat) dihitung setelah Anda memperoleh persetujuan dari pihak Cyclopedia
                 E. Ketentuan Biaya Pengiriman Pengembalian Produk

                1. Apabila pengembalian barang (retur) karena kesalahan Cyclopedia, maka biaya pengiriman pengembalian produk akan ditanggung oleh Cyclopedia).
                2. Apabila pengembalian barang (retur) karena keinginan Pembeli, maka biaya pengiriman pengembalian produk akan ditanggung oleh Pembeli.

                F. Kebijakan Cyclopedia Terhadap Pengajuan Komplain Produk

                Keputusan dan Kebijakan Cyclopedia mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Cyclopedia berhak untuk menolak pengajuan Komplain Anda jika pengajuan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

                REQUEST PENGAJUAN