My Cart Items 0
Tips Bersepeda agar Aman untuk Pemula
Sebelum mulai bersepeda dengan serius, ada baiknya perhatikan pengetahuan umum serta tips bersepeda agar tetap aman dan terhindar dari celaka
2 Mei, 2024 oleh
Tips Bersepeda agar Aman untuk Pemula
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Bagi kebanyakan orang mungkin bersepeda bukan lah hal baru yang bisa dicoba. Sebagian orang sudah pernah belajar bersepeda sejak dini dan menjadikannya salah satu pilihan olahraga hingga dewasa. Tapi apakah kamu ingin bersepeda dengan sedikit lebih serius dengan cara yang benar agar lebih optimal dan tetap aman? Simak beberapa tips penting yang perlu diperhatikan pesepeda pemula.


Tips Penting untuk Mulai Bersepeda


1. Pilih Sepeda yang Tepat

Memilih sepeda yang tepat sama pentingnya seperti pelari memilih sepatu larinya. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sepeda pertama kamu. Untuk pesepeda pemula, bersepeda di jalan raya dan di dalam kota merupakan tempat yang ideal. Maka dari itu, sepeda yang pas dan cocok untuk pemula adalah road bike. 

Pilihlah ukuran sepeda sesuai dengan proporsi tubuh. Menggunakan sepeda yang terlalu besar atau terlalu kecil dari tubuh kita bisa menghilangkan esensi kenyamanan serta keamanan. Selain itu pertimbangkan pelana yang kamu pilih agar lebih nyaman.


2. Pakaian dan Perlengkapan Lainnya

Pakaian dan perlengkapan tidak selalu harus mahal. Tetapi tidak ada salahnya berinvestasi lebih untuk membeli pakaian dan perlengkapan agar lebih aman dan nyaman. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak panas dan mampu menyerap air atau keringat dengan baik. Dengan jersey atau pakaian yang baik, sirkulasi udara lebih baik sehingga tubuh tidak lembab karena keringat.

Jangan lupa untuk menggunakan helm sepeda agar kepala tetap aman. Pilihlah helm dengan sirkulasi yang baik agar kepala tetap terkena udara dan tidak lembab. Gunakan helm dengan bahan yang baik agar kepala terhindar dari cedera parah jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Rekomendasi Produk Baru Pas Normal Studios Seri T.K.O.


3. Mulai Dari Sedikit Lebih Baik

Perlu diingat, lebih cepat, lebih banyak, atau lebih lama tidak selalu lebih baik. Untuk pemula, sebaiknya kamu memulai kegiatan sepedamu dari sedikit terlebih dahulu. Kecepatan juga harus dijaga dan lebih baik mulai dari kecepatan pelan atau sedang. Seiring berjalannya waktu dan intensitas latihan, kamu bisa meningkatkan kecepatan bersepeda. Jangan lupa juga untuk tetap sesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan dan tubuh.

Selain itu, intensitas bersepeda dalam seminggu lebih baik dimulai dengan 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu. Jangan memaksakan tubuh dan biarkan tubuhmu beradaptasi dengan kegiatan barumu.


4. Bersepeda di Pagi Hari


Waktu bersepeda yang paling baik adalah pagi hari karena selain cahaya yang baik, cuaca juga masih sejuk dan cahaya matahari belum terlalu terik untuk bersepeda. Untuk bersepeda dan melatih keterampilan bersepeda pemula, memang sebaiknya di pagi hari karena ketika di malam hari sangat kurang pencahayaan sehingga kurang bisa fokus untuk melatih basic skill dalam bersepeda. Namun, jika memang terpaksa jika hanya bisa bersepeda di malam hari, gunakan lampu sepeda yang memadai agar terhindar dari celaka.


5. Pelajari Teknik Bersepeda

Sebelum memulai turun ke jalanan, ada baiknya untuk menyelam internet dan mempelajari teknik-teknik dasar bersepeda dan tips untuk pemula. Pelajari juga teknik keselamatan untuk hal yang tidak terduga. Hal ini dapat menunjang hal-hal yang tidak terduga yang bisa terjadi ketika bersepeda.


6. Pilih Rute yang Sesuai

Pilihlah rute yang sesuai dengan kemampuanmu. Pilihlah jalur dengan permukaan rata serta tidak begitu ramai. Lebih baik lagi kamu memilih untuk bersepeda di jalur khusus pesepeda agar tidak terganggu dan juga mengganggu pengendara lain.

Perhatikan juga seberapa jauh kamu bersepeda. Mulailah bersepeda tidak terlalu lama misalnya 1 hingga 1 setengah jam saja. Tambah sedikit demi sedikit waktu bersepeda seiring dengan meningkatnya kemampuan serta kesiapan tubuh untuk bersepeda.


Itu dia 6 tips yang perlu diperhatikan pesepeda pemula. Jangan anggap remeh tips serta teknik bersepeda untuk pemula karena keamanan dalam berolahraga merupakan yang utama. Nikmati prosesnya tanpa terburu-buru dan secara perlahan membangun kemampuan serta ketahanan tubuh untuk bersepeda. 

Tips Bersepeda agar Aman untuk Pemula
Cyclopedia Journal
2 Mei, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment