My Cart Items 0
Berguna Banget! Ini 7 Manfaat Fitur Smartwatch bagi Pelari
Smartwatch merupakan alat penunjang yang bisa memaksimalkan hasil latihan bagi para pelari. Berbagai fitur menarik dimiliki jam tangan pintar.
24 Juli, 2024 oleh
Berguna Banget! Ini 7 Manfaat Fitur Smartwatch bagi Pelari
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Bagi para pelari ataupun penggemar jogging, smartwatch bisa sangat berguna dalam menyokong kegiatan berolahraga dengan baik apabila bisa menggunakan fitur-fitur yang dimiliki dengan baik. Selain kegunaan utamanya untuk menunjukan waktu, seiring perkembangan zaman teknologi yang dimiliki jam tangan pintar semakin berkembang dan bertambah. Berbagai teknologi tersebut bisa dimanfaatkan peminat olahraga, khususnya peminat lari dan jogging.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh smartwatch sebagai pertimbangan para pelari memiliki smartwatch. Berbagai fitur menarik bisa menjadi penunjang serta pendukung kegiatan pelari agar lari bisa lebih optimal.

Fitur Penting Smartwatch untuk Pelari

1. GPS


Bagi siapa saja, GPS merupakan teknologi yang sudah tidak asing lagi. Barang utama yang selalu kita pegang setiap hari pun pasti memiliki GPS sebagai alat petunjuk untuk membantu kita agar tidak tersesat.

Seiring berkembangnya zaman, jam tangan kini berubah menjadi lebih pintar dan dilengkapi dengan GPS. GPS ini lah merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat untuk pelari karena bisa membantu pelari untuk memperhatikan medan larinya. GPS bisa membantu pelari untuk mencatat jejak seberapa jauh sudah berlari dan akan berlari, menjaga pelari dari medan yang berbahaya, serta agar terhindar dari tersesat.

2. Fitur Analisa Tubuh

Smartwatch kini dapat membantu menganalisa serta mencatat data tentang tubuh si pelari. Smartwatch bisa menunjukan analisa hasil detak jantung, kadar oksigen di dalam tubuh, kalori yang berhasil terbakar, serta masih banyak lagi. Analisa-analisa ini lah yang bisa membantu pelari menakar intensitas latihan dan lari yang perlu dilakukan agar hasil latihan optimal dan tidak berujung cedera. 

3. Mode Olahraga


Illustration from garmin.co.id

Beberapa smartwatch sudah dilengkapi dengan fitur mode olahraga. Pelari bisa memilih jenis latihan yang diinginkan, contohnya lari cepat, lari lambat, atau bisa juga rencana lari sesuai jarak yang dibutuhkan kondisi tubuh. Beberapa smartwatch juga disertai dengan fitur saran latihan. Saran mode latihan yang diberikan akan diambil dari data analisa tubuh si pelari. Maka dari itu, saran yang diberikan kemungkinan besar baik untuk dilakukan karena tidak akan membebani kondisi tubuh pelari.

Lihat di sini: Koleksi smartwatch

4. Notifikasi Penting dari Smartphone

Smartwatch memiliki fitur yang bisa menghubungkan jam tangan pintar dengan smartphone. Hal ini sangat menguntungkan pelari karena pada saat berlari sebaiknya pelari tidak menggunakan smartphone karena bisa membahayakan pelari itu sendiri. Dengan fitur ini, pelari bisa tetap mendapatkan notifikasi penting dari smartphone yang terhubung dengan smartwatch.

5. Hiburan Saat Berlari

Smartwatch juga memiliki fitur hiburan yaitu memungkinkan pelari mendengarkan musik. Caranya adalah pelari bisa menghubungkan earphone dengan smartwatch. Pelari bisa dengan leluasa memilih lagu langsung di smartwatch dan tetap bisa fokus ke jalanan.

6. Menjaga Asupan Kalori Pelari

Smartwatch tertentu juga dilengkapi dengan fitur untuk menghitung asupan kalori pelari dalam sehari. Pelari bisa memasukkan data makanan apa saja yang dikonsumsi serta berapa gramnya untuk mengetahui jumlah asupan kalori. Dengan ini, pelari bisa memantau asupan kalori sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Mental

7. Melihat Jadwal Menstruasi untuk Pelari Wanita

Terkhusus untuk pelari dari kaum wanita, fitur pencatatan menstruasi sangat bermanfaat karena bisa memantau serta untuk menyesuaikan jadwal latihan. Smartwatch bisa memberikan perkiraan kapan menstruasi akan datang sehingga pelari wanita bisa memperkirakan jadwal lari agar tetap nyaman dan tidak memberatkan kondisi tubuh saat sedang menstruasi.


Rekomendasi Smartwatch Garmin untuk Pelari

1. Forerunner 645 Music Black


Smartwatch yang dirancang khusus untuk pelari ini dilengkapi dengan GPS dan fitur musik. Pelari bisa mengunduh hingga 500 lagu untuk mendengarkan lagu tanpa gawai pintar. Opsi lain untuk mendengarkan lagu sambil berlari adalah menyinkronkan musik dari berbagai platform musik untuk mendengarkannya secara offline. Forerunner 645 Music Black dilengkapi juga dengan fitur analisa tubuh dan dynamics3 yang bisa mengevaluasi hasil latihan.

Beli di sini: Forerunner 645 Music Black

2. Fenix 5 Sapphire


Fenix 5 Sapphire merupakan smartwatch premium yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis olahraga. Dilengkapi dengan GPS serta fitur analisa tubuh yang mampu mendeteksi tekanan jantung. Smartwatch ini juga dilengkapi dengan fitur pemantauan kalori sehingga sangat berguna untuk pelari yang sedang memantau berapa kalori yang terbakar.

Beli di sini: Fenix 5 Sapphire

3. Forerunner 920xt Tri Bundle Black/Silver Gps


Pelari yang suka dengan jam tangan berbentuk kotak bisa mempertimbangkan smartwatch ini. Dengan desain yang modern dan digital, Forerunner 920xt Tri Bundle menawarkan berbagai fitur yang sangat menarik. Fitur yang ditawarkan meliputi berbagai macam olahraga yang salah satunya untuk pelari. Untuk dinamika pelari, fitur yang tersedia meliputi data laju putaran, osilasi vertikal dan waktu kontak dengan tanah. Fitur notifikasi juga selalu terhubung sehingga pelari bisa melihat email, pesan teks dan notifikasi lainnya hanya melalui jam tangan. 

Beli di sini: Forerunner 920xt Tri Bundle Black/Silver Gps

4. Forerunner 165 Music, GPS, WiFi

Forerunner 165 hadir dengan tali yang berwarna cerah ini hadir dengan berbagai fitur menarik. Selain fitur GPS dan analisa tubuh, smartwatch ini hadir dengan mode olahraga eksklusif dan morning report. Mode olahraga yang disebut dengan Garmin Coach ini bisa memberikan rencana lari sesuai dengan jarak seperti 5K, 10K, half-marathon. Morning report memberikan laporan kualitas tidur serta saran latihan selanjutnya.

Beli di sini: Forerunner 165 Music, GPS, WiFi

Berikut tadi beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki smartwatch. Rekomendasi Garmin tadi bisa kamu dapatkan di aplikasi Cyclopedia dengan berbagai fitur yang menguntungkan.

Berguna Banget! Ini 7 Manfaat Fitur Smartwatch bagi Pelari
Cyclopedia Journal
24 Juli, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment