My Cart Items 0
Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Mental
Manfaat olahraga baik bagi kesehatan tubuh dan sejalan dengan kesehatan mental
13 Mei, 2024 oleh
Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Mental
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Sudah menjadi rahasia umum jika berlari memberikan segudang manfaat untuk fisik seperti menyehatkan jantung, menguatkan otot, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu menjaga berat badan secara ideal. Namun selain untuk fisik, olahraga lari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental. 


Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Mental

1. Meningkatkan Suasana Hati


Illustration by Tuiphotoengineer

Berlari dapat meningkatkan suasana hati karena ketika berlari sirkulasi darah ke otak meningkat dan otak melepaskan banyak hormon endorphin. Maka dari itu otak merespon stres sehingga suasana hati membaik.


2. Membantu Pengelolaan Tingkat Stres & Depresi

Anda bisa sembari menikmati pemandangan ketika berlari sehingga bisa sedikit melupakan stres agar terhindar dari depresi. Meskipun efeknya mungkin hanya untuk sementara saja dan pikiran akan kembali lagi, tubuh yang sehat merupakan hal yang sangat berpengaruh untuk pikiran dan mental lebih sehat lagi.


3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berlari juga bisa meningkatkan kepercayaan diri kita. Dengan berolahraga, kamu akan lebih percaya diri dengan tubuh karena olahraga merupakan salah satu cara kita untuk menjaga bentuk tubuh ideal dan lebih terlihat sehat. Berlari juga bisa meningkatkan kepercayaan diri kita melalui aktivitas sosial yang bisa dilakukan ketika berlari maupun kegiatan di sela-selanya. Pelari bisa memperluas pertemanan dan koneksi serta menambah ilmu dan wawasan antara pelari.


4. Membantu agar Lebih Fokus


Illustration by Devoun from Getty Images

Berlari bisa membantu melatih konsentrasi dan fokus. Dengan berlari, kita berusaha untuk fokus terhadap gerakan tubuh serta mengatur pernafasan agar tetap stabil. Cara ini dapat juga sekaligus melatih konsentrasi kita. Selain itu, kita diharuskan untuk awas terhadap kondisi sekitar kita. Maka dari itu, berlari merupakan salah satu sarana yang sangat baik untuk melatih fokus kita.


5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berlari juga memiliki manfaat lainnya yaitu meningkatkan kualitas tidur. Setelah kamu berlari dengan sungguh-sungguh, badan akan lelah dan kehabisan tenaga. Hal ini lah yang bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Ketika tubuh lelah, tubuh akan mengumpulkan tenaga ketika kamu tidur.

Lalu apa hubungannya dengan mental kamu? Ketika kamu memiliki cukup waktu untuk tidur dan ditambah lagi dengan tidur yang berkualitas, kualitas mental dan pikiran kamu akan meningkat sejalan dengannya.


6. Meningkatkan Kesehatan Tubuh


Illustration by Mystockimages from Getty Images Signature

Pernah dengar kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan tubuh? Ya, benar sekali. Kedua hal tersebut memang saling berkesinambungan. Ketika tubuh kamu sehat, kemungkinan mental untuk sehat lebih besar. Begitu pun juga sebaliknya. Usaha kamu lewat berlari baik untuk kesehatan mental atau tubuh tidak akan sia-sia. Kedua hal tersebut perlu diperhatikan dan tidak bisa dilupakan salah satunya.

Itu tadi beberapa manfaat dari aktivitas berlari. Masih banyak lagi manfaat yang belum bisa disebutkan di atas. Maka dari itu berlarilah selagi bisa. Luangkan waktu kamu beberapa saat untuk merawat tubuh sekaligus mental. Cobalah mulai dengan perlahan dan rasakan manfaatnya.

Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Mental
Cyclopedia Journal
13 Mei, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment