My Cart Items 0
Tips Penting! Meningkatkan Stamina Agar Tidak Mudah Lelah
1. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik, 2. Berlatih cukup sesuai kondisi tubuh, 3. Menambah intensitas olahraga secara perlahan, 4. Konsumsi gizi seimbang untuk menambah stamina, 5. Istirahat dan tidur dengan cukup
31 Maret, 2024 oleh
Tips Penting! Meningkatkan Stamina Agar Tidak Mudah Lelah
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Tidak hanya teknik, stamina juga merupakan hal yang penting ketika ingin serius berolahraga. Mengutip KBBI, stamina merupakan kekuatan dan energi seseorang yang memungkinkan dia dapat bertahan dalam bekerja atau dalam kesehatan tubuh. Dalam kata lain stamina merupakan tingkat ketahanan seseorang dalam berolahraga.

Untuk mendapatkan hasil atau tujuan dalam berolahraga, stamina adalah hal yang penting karena menjadi salah satu penentu utama berapa lama waktu dalam berolahraga. Semakin sedikit waktu yang digunakan, semakin sedikit kesempatan dalam mencapai target yang diinginkan. Simak beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan stamina tubuh di bawah ini.


Cara Meningkatkan Stamina Untuk Berolahraga

1. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik


Tubuh manusia membutuhkan sekitar 2.5 liter cairan per hari atau setara dengan delapan gelas air per hari. Tubuh membutuhkan cairan sebagai nutrisi untuk bergerak dan menjadi sumber tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Selain itu, dalam berolahraga sangat dibutuhkan juga cairan agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat mengakibatkan dampak negatif bagi penggiat olahraga seperti cedera otot dan berkurangnya stamina dan tenaga.


2. Berlatih cukup sesuai kondisi tubuh


Jangan pernah berlatih atau berolahraga di luar batas kemampuan atau kondisi tubuh saat berolahraga. Kenali kondisi tubuh Anda saat itu lebih baik agar terhindar dari cedera dan justru menghambat proses Anda berolahraga. Berhentilah saat Anda merasa stamina dan tenaga sudah habis dan tidak mampu lagi untuk melanjutkan sesi berolahraga Anda.


3. Menambah intensitas olahraga secara perlahan


Perlu diingat bahwa cepat itu tidak selalu baik. Setiap orang memiliki fase waktu yang berbeda dalam berolahraga. Lebih baik nikmati waktu dengan baik dan tingkatkan intensitas olahraga secara perlahan. Ini dapat membantu tubuh Anda untuk beradaptasi dengan peningkatan intensitas olahraga lebih baik. Jika memaksakan tubuh agar melakukan intensitas olahraga tinggi padahal sebenarnya tubuh belum mampu, lebih banyak hal negatif yang didapat daripada hal positif.


4. Konsumsi gizi seimbang untuk menambah stamina


Mengkonsumsi nutrisi seimbang adalah salah satu cara untuk menunjang stamina. Tanpa gizi yang baik, tubuh tidak memiliki ‘bahan bakar’ atau sumber tenaga untuk melakukan aktivitas berat.

Memang bukan hal yang mudah dalam mendisiplinkan diri dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbag secara teratur. Banyak penggiat olahraga yang akhirnya mencari jalan pintas hanya minum susu protein atau suplemen lainnya. Padahal makanan tersebut merupakan penunjang makanan utama dan harus diimbangi dengan gizi yang cukup.


5. Istirahat dan tidur dengan cukup


Kebutuhan tidur juga merupakan hal yang penting lainnya. Normalnya manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam sehari. Selain dapat meningkatkan stamina, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan suasana hati sehingga dapat lebih siap berolahraga dan beraktivitas.


Berikut beberapa tips penting agar stamina meningkat atau tetap terjaga. Target dalam berolahraga memang sangat penting, namun lebih penting lagi untuk menjaga kesehatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Penting! Meningkatkan Stamina Agar Tidak Mudah Lelah
Cyclopedia Journal
31 Maret, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment