My Cart Items 0
Simak Manfaat Balance Bike untuk Anak Beserta Rekomendasi Sepeda Strider
Balance bike baik untuk melatih fokus dan mental anak serta kekuatan dan motoriknya pun akan meningkat. Balance Bike Strider siap menemani tumbuh kembang anak.
27 Februari, 2024 oleh
Simak Manfaat Balance Bike untuk Anak Beserta Rekomendasi Sepeda Strider
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Balance Bike atau yang biasa dikenal dengan sepeda anak tanpa pedal ini mulai viral di Indonesia pada tahun 2016. Berbeda dengan sepeda anak biasanya, balance bike tidak memiliki pedal dan rantai sehingga anak harus mendorong secara manual dengan kaki. Maka dari itu, manfaat menggunakan sepeda balance ini sangat banyak untuk tumbuh kembang anak. Simak beberapa manfaat balance bike untuk Anak di bawah ini.


Manfaat Balance Bike atau Sepeda Tanpa Pedal untuk Anak


1. Melatih Fokus dan Mental Anak

Aktivitas bersepeda dengan balance bike dapat melatih fokus anak serta meningkatkan ketahanan mental sedari dini. Anak diajak untuk fokus mempelajari sepeda tahap demi tahap dari cara memegang stang dengan baik hingga berdiri dengan stabil di atas sepeda. Maka dari itu mereka bisa fokus ke satu per satu hal terlebih dahulu.

Mental anak juga akan dilatih agar lebih berani untuk mencoba hal baru karena pada umumnya anak akan takut dan tidak berani mencoba sesuatu yang baru. Dukungan orang tua akan menjadi peran utama dalam proses pembelajaran anak melatih fisiknya dengan balance bike.


2. Melatih Kekuatan dan Motorik Anak

Ada banyak hal yang harus dilakukan anak untuk mengendarai balance bike ini. Memegang stang dengan benar, mengkoordinasikan stang sepeda agar bisa berbelok tanpa harus jatuh, berdiri tegak dengan kedua kakinya, hingga mengatur kecepatan sepeda dengan kedua kakinya.


3. Bisa Berlatih Sepeda Sejak Dini

Balance bike bisa digunakan mulai dari anak umur 18 bulan hingga 5 tahun. Dengan berlatih dengan balance bike, anak bisa mempersiapkan diri untuk pindah ke sepeda roda berpedal tanpa harus belajar sepeda roda 3 atau sepeda roda 4. Berlatih dengan balance bike dinilai lebih efektif dari sepeda roda 3 atau 4 karena anak dilatih keseimbangannya dan berusaha lebih stabil dengan kedua kakinya.


4. Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Meskipun masih kecil, anak juga memiliki kebutuhan untuk melatih fisiknya. Apalagi anak berumur sekitar 18 bulan sedang ada di masa meniru orang tuanya. Orang tua bisa meluangkan waktu untuk berolahraga dengan bersepeda dengan anak yang juga bersepeda dengan balance bike. Selain merasa mandiri dan berhasil ‘meniru’ apa yang orang tuanya lakukan, dia juga tidak merasa sendirian dengan tidak bersepeda sendirian.


5. Membangun Koneksi Emosional dengan Anak

Bersepeda bersama anak atau menemani dan mengajari anak belajar naik balance bike bisa menjadi core memory atau ingatan indah untuk anak di masa emas anak. Meski tidak diingat secara jelas, tetapi pengalaman ini bisa membekas di bawah alam bawah sadar anak bahwa dia dan orang tuanya memiliki koneksi emosional yang erat dan hubungan yang indah dan menyenangkan.


Rekomendasi Balance Bike Strider Terbaik untuk Anak

Berikut beberapa jenis balance bike dari Strider yang perlu kamu tau. Simak detailnya di bawah ini.

1. Strider 12 Sport


Balance bike seri 12 Sport dari Strider ini merupakan seri terlaris dibandingkan seri lainnya. Selain karena harganya yang paling terjangkau, fitur yang dimiliki juga sangat mumpuni untuk kegiatan bersepeda Si Kecil. Tinggi stang dan kursi yang bisa dengan mudah disesuaikan tanpa alat sesuai dengan tinggi anak ini membuat sepeda ini bisa dipakai dalam waktu yang lama. Selain itu bannya terbuat dari material foam yang tidak bisa bocor sehingga sepeda ini minim pemeliharaan. Detail lainnya yaitu kerangkanya terbuat dari besi berbeda dan cukup enteng untuk digunakan anak karena memiliki bobot hanya 3 kg saja. 

Beli di sini: Strider 12 Sport


2. Strider 12 Pro


Balance Bike Strider 12 Pro didesain khusus untuk anak yang ingin fokus menjadi pembalap cilik. Sepeda ini memiliki kerangka super ringan yang terbuat dari full aluminium (alloy) sehingga sepeda ini hanya memiliki berat 2.54 kg sehingga lebih ringan dari seri sebelumnya dan siap untuk dibawa melaju melawan angin. Selain spesifikasi standar lainnya yang sama dengan seri sebelumnya, seri 12 Pro memiliki pilihan warna yang lebih eksklusif dan juga dilengkapi dengan plat nomor balap yang membuat Si Kecil lebih pro lagi. 

Beli di sini: Strider 12 Pro


Berikut tadi beberapa manfaat yang baik dari balance bike untuk anak-anak. Kamu bisa dapatkan balance bike Strider dengan mengklik tombol di atas atau di aplikasi Cyclopedia. Jika kamu ingin melihat produknya secara langsung, kamu juga bisa datang langsung ke store nya di Mall Kota Kasablanka lantai 2. Klik alamatnya di sini.

Ayo wujudkan mimpi anak untuk mengeksplorasi dunia. Berikan balance bike Strider untuk anak terkasih kita dan dampingi tumbuh kembang pesatnya sekarang!


Simak Manfaat Balance Bike untuk Anak Beserta Rekomendasi Sepeda Strider
Cyclopedia Journal
27 Februari, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment