My Cart Items 0
Mengupas Tren Lari di Indonesia: Fenomena Gaya Hidup Aktif 2024
Lari telah berkembang pesat di Indonesia, baik dari segi minat maupun konsumsi perlengkapannya.
11 Desember, 2024 oleh
Mengupas Tren Lari di Indonesia: Fenomena Gaya Hidup Aktif 2024
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Lari menjadi salah satu gaya hidup olahraga yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir di Indonesia. Salah satu faktor besar yang mendukung perkembangannya adalah masa-masa covid 19 yang meningkatkan minat orang di Indonesia untuk semakin sehat. 

Memasuki tahun 2024, tren lari di Tanah Air mengalami perkembangan pesat, tidak hanya sebagai aktivitas fisik, tetapi juga sebagai gaya hidup modern yang mengutamakan kesehatan dan kebersamaan. Semakin maraknya acara lari yang diadakan di Indonesia sebagai salah satu tanda meningkatnya minat warga Indonesia.


Fenomena Event Lari Massal

Popularitas lari didorong oleh maraknya event lari massal seperti maraton, trail running, dan fun run yang diadakan di berbagai kota besar. Event seperti Jakarta Marathon, Bandung Marathon, dan Bali Ultra Trail menarik ribuan peserta setiap tahunnya. Tren ini semakin diperkuat dengan adanya kategori unik seperti color run dan acara lari bertema seperti Pokémon Run yang menghadirkan pengalaman seru dan berbeda.

Peminat Lari Meningkat di 2024

Menurut data dari Strava, selama 2024, partisipasi pelari dalam klub atau komunitas lari di Indonesia meningkat sebanyak 83%. Data ini menjadi salah satu bukti bahwa pelari di Indonesia bertambah di 2024.

Tidak hanya itu, menurut data dari Garmin, lari merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati di Indonesia selama 2024 terlihat dari data yang tercatat oleh Garmin Connect sebanyak 5.560.506 aktivitas lari dan 2.355.822 aktivitas berjalan dilakukan oleh pengguna Garmin di Indonesia.

Teknologi dan Aplikasi Pendukung

Kemajuan teknologi turut berperan dalam meningkatkan minat terhadap olahraga lari. Aplikasi pelacak kebugaran seperti Strava dan Garmin Connect memungkinkan pelari untuk memantau performa, mengatur target, dan berbagi hasil dengan komunitas. Integrasi dengan media sosial juga menjadikan aktivitas lari lebih menarik untuk didokumentasikan dan dibagikan.

Fashion dan Perlengkapan Lari

Tren lari juga berdampak pada industri fesyen dan perlengkapan olahraga. Brand lokal dan internasional berlomba-lomba menghadirkan produk inovatif seperti sepatu lari dengan teknologi canggih, pakaian berbahan ringan, dan aksesori pendukung yang modis. Penampilan saat berlari kini menjadi bagian dari gaya hidup aktif.

Salah satu bukti perkembangan yang nyata dari berbagai brand lari seperti Saucony dan Salomon adalah bertambahnya jumlah gerai yang menyediakan peralatan dan perlengkapan lari di berbagai kota di Indonesia. Tidak kalah dengan itu, 180SPM, salah satu toko partner resmi Cyclopedia juga bertambah dan berekspansi besar di tahun 2024.

Tantangan dan Masa Depan

Meski terus berkembang, tren lari di Indonesia masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan ruang publik yang ramah pelari dan kebutuhan akan edukasi terkait teknik lari yang benar. Namun, dengan dukungan dari pemerintah, komunitas, dan industri, tren ini diprediksi akan terus tumbuh dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan semakin banyaknya inovasi dan dukungan, olahraga lari di Indonesia pada 2024 tidak hanya menjadi aktivitas fisik, tetapi juga simbol dari gaya hidup sehat dan modern yang terus berkembang.
Mengupas Tren Lari di Indonesia: Fenomena Gaya Hidup Aktif 2024
Cyclopedia Journal
11 Desember, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment