My Cart Items 0
Boost Performa Anda: Manfaat Energy Gel sebagai Penunjang Olahraga
Energy gel memiliki segudang manfaat yang bisa didapatkan oleh penikmat aktivitas olahraga mulai dari sumber tenaga instan hingga mampu menstabilkan fokus saat berolahraga
15 Agustus, 2024 oleh
Boost Performa Anda: Manfaat Energy Gel sebagai Penunjang Olahraga
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Energy gel adalah suplemen berbentuk jelly atau gel yang kaya akan karbohidrat dan dirancang untuk memberikan energi tambahan selama olahraga. Asupan tambahan penunjang olahraga ini sangat ideal untuk dikonsumsi orang dewasa yang melakukan olahraga endurance jarak jauh yang memerlukan energi lebih untuk dikeluarkan. Energy gel ini sangat praktis karena mudah dicerna oleh tubuh dan memungkinkan energi langsung tersedia saat orang yang berolahraga membutuhkannya.

Bagi pelari dan pesepeda, atau siapa saja yang melakukan olahraga dalam jangka waktu yang panjang, sangat penting untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup bahan bakar untuk mendapatkan hasil performa yang baik. Pada saat berolahraga, tubuh menggunakan cadangan karbohidrat yang tersimpan di otot, namun jumlah yang manusia miliki sangat terbatas. Maka dari itu, perlu energi tambahan cepat yang bisa didapatkan secara instan dari energy gel.

Manfaat Energy Gel Bagi Pecinta Olahraga


1. Sumber energi cepat

Energy gel dirancang untuk memberikan dorongan energi instan selama latihan atau kompetisi. Gel ini mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan tambahan glukosa untuk otot-otot tubuh. Hal ini dilakukan agar otot tetap berfungsi pada saat melakukan aktivitas olahraga yang berat seperti maraton atau bersepeda jarak jauh dan agar tidak terjadi penurunan performa.

2. Mudah dan praktis dikonsumsi


Illustration by Science in Sport

Energy gel dikemas dalam ukuran yang kecil dan praktis sehingga mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam kantong terbatas di baju olahraga, baik disimpan di dalam kantong celana, kantong jersey saat bersepeda, atau disimpan di dalam tas saat mendaki. Dibuat khusus untuk memudahkan atlet atau penggiat olahraga mengonsumsi di tengah aktivitas tanpa perlu menghentikan apa yang sedang dilakukan.

3. Mempertahankan stamina

Energy gel berfungsi sebagai sumber energi yang sangat penting bagi atlet, terutama selama latihan panjang atau kompetisi yang menuntut daya tahan tinggi. Energy gel mampu memberikan aliran energi yang stabil sehingga penggiat olahraga bisa menjaga stamina tubuh tetap optimal tanpa kelelahan yang signifikan.

Baca juga: Bentuknya Unik: Inilah Kelebihan Menggunakan Muscle Gun untuk Penggiat Olahraga

4. Mengandung elektrolit

Selain berfungsi sebagai sumber energi cepat, banyak energy gel juga diformulasikan dengan kandungan elektrolit penting seperti sodium dan potassium, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama aktivitas fisik yang intens. Ketika Anda berolahraga, terutama dalam durasi panjang atau kondisi panas, tubuh Anda kehilangan sejumlah besar cairan melalui keringat. Bersamaan dengan itu, mineral esensial seperti sodium dan potassium ikut terbuang, yang jika tidak digantikan, dapat mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh. Keseimbangan ini sangat penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf yang optimal.

Elektrolit dalam energy gel berperan penting dalam membantu tubuh mencegah kondisi seperti kram otot yang sering terjadi ketika berolahraga. Selain itu, elektrolit juga berperan penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan resiko kesehatan yang serius, terutama dalam aktivitas fisik yang berlangsung lama.

5. Meningkatkan fokus mental


Illustration by Science in Sport

Selain mengisi ulang energi fisik, energy gel juga memiliki dampak positif untuk mental dan kestabilan fokus. Ketika berolahraga dalam jangka waktu yang panjang, otak juga membutuhkan asupan energi agar tetap berfungsi dengan normal. Otak bergantung dengan glukosa sebagai sumber energi utama.

Karbohidrat dalam energy gel dirancang untuk cepat diserap oleh tubuh dan memastikan kadar gula dalam darah tetap stabil sepanjang aktivitas. Penurunan kadar gula darah dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah seperti pusing, kebingungan, serta penurunan fokus dan tingkat refleks. Sediakan energy gel agar hal-hal tersebut tidak terjadi saat kamu berolahraga.

6. Mudah dicerna

Energy gel dirancang agar mudah dicerna karena terdiri dari karbohidrat sederhana. Terbuat dari campuran gula, maltodekstrin, dan fruktosa, energy gel ideal untuk orang dewasa dan sangat praktis digunakan. Dengan mengkonsumsi energy gel saat beraktivitas, kamu bisa mengurangi resiko masalah pencernaan karena mengkonsumsi makanan berat sebelum atau selama latihan.

Berikut tadi beberapa manfaat dan kemudahan yang bisa didapatkan dari energy gel. Energy gel bisa dipertimbangkan agar dimiliki oleh semua pecinta olahraga karena memberikan banyak hal positif. Untuk memastikan kamu selalu siap menghadapi tantangan baru di setiap aktivitas fisik, simpanlah cadangan energy gel dalam perlengkapan olahraga. Jangan tunggu sampai energi menurun dan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Boost Performa Anda: Manfaat Energy Gel sebagai Penunjang Olahraga
Cyclopedia Journal
15 Agustus, 2024
Share this post
Masuk to leave a comment