My Cart Items 0
Tips Agar Tidak Bau Badan Saat Berolahraga
Bau badan bisa mengganggu aktivitas berolahraga dan menurunkan performa latihan. Bau badan bisa menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu orang-orang di sekitar anda.
26 August, 2024 by
Tips Agar Tidak Bau Badan Saat Berolahraga
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Olahraga merupakan aktivitas yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun hal yang tidak bisa dihindari saat berolahraga adalah bau badan yang tidak sedap. Bau badan saat berolahraga bisa mengganggu kepercayaan diri serta kenyamanan berolahraga baik untuk diri sendiri atau orang di sekitar. Oleh karena itu, simak beberapa tips dan hal-hal penting yang bisa dilakukan agar bisa menghindari bau badan yang pastinya tidak diinginkan.

Hal-Hal Penting untuk Menghindari Bau Badan

1. Gunakan Pakaian Olahraga yang Tepat


Illustration by Saysky

Salah satu penyebab bau badan adalah kesalahan dalam memilih pakaian untuk berolahraga. Pakaian yang tidak tepat bisa ‘menjebak’ keringat di dalam kain pakaianmu dan mempercepat kerja bakteri penyebab bau badan. Pilihlah pakaian dengan bahan yang breathable dan cepat kering. Contoh bahan yang cocok untuk berolahraga adalah poliester.

Pilih juga pakaian sesuai dengan olahraga yang dilakukan. Untuk pesepeda, gunakan jersey dan bib khusus untuk bersepeda. Untuk pelari, gunakan jersey, singlet, atau shorts yang memang khusus dirancang untuk lari. Dengan memilih pakaian sesuai dengan kegunaan atau jenis olahraganya, kamu bisa meminimalisir bau badan serta meningkatkan kenyamanan dalam berolahraga karena baju-baju tersebut dirancang khusus dengan kegunaannya.

2. Gunakan Antiperspirant

Hal yang sangat penting dan tidak boleh tidak digunakan adalah antiperspirant. Antiperspirant dirancang khusus untuk mengurangi produksi keringat sehingga menghambat bertumbuhnya bakteri yang bisa membuat bau keringat. Cara kerjanya yaitu antiperspirant menghambat kelenjar keringat dan perspirasi di ketiak. Meski harganya sedikit lebih mahal dari deodorant biasa, tapi manfaatnya dalam menahan produksi keringat sudah terbukti.

3. Segera Ganti Pakaian Basah

Setelah berolahraga, gantilah pakaian basah yang digunakan saat berolahraga sebelumnya. Gantilah dengan pakaian yang kering dan bersih untuk menghindari bau yang disebabkan oleh keringan yang menyerap di pakaian olahraga. Sebisa mungkin jangan menunggu terlalu lama dan menyebabkan baju olahraga basah dan lembab. Hal ini lah yang disukai oleh bakteri dan membuat bakteri berkembang lebih cepat.

4. Jaga Pola Makan

Jagalah pola makan lebih bersih, apalagi untuk kamu yang badannya lebih rentan dengan bau badan. Hindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau badan lebih cepat menyengat seperti bawang merah, bawang putih, rempah-rempah, dan daging yang berlemak. Mengurangi konsumsi makanan tersebut dapat membantu mengurangi bau badan.

5. Tetap Terhidrasi


Illustration by nomadsoulphotos

Selain agar tidak menyebabkan cedera karena kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi, minum cukup air bisa membantu mengeluarkan racun dan keringat dari tubuh secara lebih efisien. Keringat yang lebih encer biasanya memiliki bau yang lebih ringan sehingga lebih mudah menguap dan mengurangi resiko penumpukan bakteri penyebab bau badan. Selain itu, hidrasi yang baik bisa membantu meningkatkan performa olahraga dan membuat olahraga lebih segar dan menyenangkan.

6. Jaga Kebersihan Tubuh dengan Mandi

Siapa yang terbiasa tidak mandi dahulu sebelum berolahraga karena berpikir untuk sekalian mandi setelah kotor berolahraga? Hal ini tidak salah, namun dengan mandi sebelum olahraga kamu bisa mengurangi bakteri pada tubuh secara maksimal agar tidak menumpuk dan malah cepat bau saat berolahraga.

Mandilah sebelum olahraga sebagai bentuk preventif agar tubuh tidak cepat bau dan lebih bersih. Setelah berolahraga dan mengeringkan tubuh dengan handuk, segeralah mandi agar bakteri cepat hilang dan tidak menyebabkan bau badan. Gunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan bakteri.

Biasanya di area berolahraga seperti GBK banyak disediakan kamar mandi berbayar maupun tidak berbayar untuk orang yang berolahraga. Cyclopedia bekerja sama dengan 180SPM menyediakan kamar mandi berbayar yang bisa kamu gunakan setelah berolahraga di area One Satrio. Belilah tiket kamar mandi di aplikasi Cyclopedia dengan mudah lalu tunjukkan ke petugas di tempat dan bisa langsung bersihkan badan agar segar kembali dan terhindar dari bau tidak sedap.

7. Gunakan Produk Khusus Pendukung Kebutuhan Olahraga

Selain tubuh, barang-barang pendukung kebutuhan olahraga juga harus dijaga kebersihannya. Berbagai produk dibuat khusus untuk mengatasi keresahan para peminat olahraga seperti produk pembersih pakaian olahraga dan parfum yang dirancang khusus untuk mengurangi odor atau bau badan.

Beli di sini: Strasse - Active Odor Killer

Berikut tadi beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari bau badan. Dengan menerapkan tips tadi, kamu tidak hanya akan lebih nyaman selama melakukan aktivitas fisik, tetapi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Dengan perawatan diri yang konsisten serta pemilihan perlengkapan olahraga yang tepat, kamu bisa lebih fokus dalam meningkatkan performa tanpa perlu mengkhawatirkan bau badan.

Segera lengkapi perlengkapan olahraga di Cyclopedia dan sesuaikan jenis olahraga yang kamu lakukan. Koleksi yang lengkap bisa kamu dapatkan dengan lebih hemat dan mudah di mana saja hanya dengan aplikasi Cyclopedia.

Tips Agar Tidak Bau Badan Saat Berolahraga
Cyclopedia Journal
26 August, 2024
Share this post
Sign in to leave a comment