My Cart Items 0
Kelebihan dan Keunggulan Bone Conduction Headphone
Alasan harus beralih dari headphone konvensional ke bone conduction headphone. Bisa digunakan untuk berlari, bersepeda, bahkan untuk berenang.
6 June, 2024 by
Kelebihan dan Keunggulan Bone Conduction Headphone
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Agar sesi berolahraga semakin menyenangkan, kita membutuhkan hiburan lain yang bisa ditambahkan ke dalam sesi berolahraga. Salah satu dari banyak hal yang bisa kita lakukan adalah mendengarkan musik sambil berolahraga.

Olahraga akan lebih mudah dan menyenangkan jika kita sambil mendengarkan lagu favorit. Untuk mendengarkan lagu, biasanya penggiat olahraga menggunakan earphone atau tws. Namun, biasanya jika menggunakan earphone atau tws terlalu lama, kuping akan cepat pegal atau sakit. Selain itu, penggiat olahraga juga menjadi tidak peka terhadap situasi sekitar sehingga bisa membahayakan diri sendiri. Maka dari itu, muncullah teknologi bone conduction headphone.

Apa Itu Bone Conduction Headphone?

Illustration from Instagram: @onpoint.indonesia

Bone conduction headphone merupakan teknologi terbaru yang mengantarkan gelombang getaran secara langsung melalui tulang telinga bagian luar. Gelombang getaran ini nantinya akan dihantarkan langsung ke dalam telinga melalui koklea.

Teknologi ini memungkinkan pendengar untuk mendengarkan musik tanpa harus menutup lubang telinga karena pendengar hanya perlu menempelkannya di bagian tulang telinga luar. Berbeda dengan earphone biasa yang harus langsung menembak getaran ke dalam telinga melewati lubang telinga.

Kelebihan yang pasti bisa didapatkan oleh penggiat olahraga adalah dengan menggunakan bone conduction headphone tetap bisa mendengarkan suara dari sekitar sehingga terhindar dari celaka. Sedangkan kekurangan dari penggunaan bone conduction headphone adalah pastinya kualitas suara tidak akan sebagus headphone konvensional karena suara akan bercampur dengan suara sekitar.

Kelebihan dari Penggunaan Bone Conduction Headphone

1. Tetap Nyaman Penggunaan Jangka Panjang

Menggunakan bone conduction headphone akan tetap terasa nyaman meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi untuk penggiat olahraga yang membutuhkan gerakan yang dinamis, penggunaan headphone ini bisa meningkatkan tingkat kenyamanan. Karena headphone tidak dimasukan langsung ke dalam lubang telinga, telinga tidak mudah pegal dan sakit.

Selain itu, pengguna tidak perlu merasa ribet karena tidak menggunakan kabel atau wireless. Meski tidak dimasukkan ke dalam telinga seperti headphone konvensional, kualitas suara yang dihasilkan tidak kalah bagus dan jernih dari headphone konvensional pada umumnya.

2. Mudah Dirawat dan Dibersihkan

Karena headphone hanya ditempel ke tulang telinga, bone conduction headphone mudah dibersihkan. Berbeda dengan headphone konvensional yang rawan kotor dan penuh bakteri karena dimasukkan ke dalam lubang telinga.

3. Bisa Digunakan oleh Pengguna dengan Gangguan Pendengaran

Bone conduction headphone juga bisa digunakan oleh pengguna yang memiliki gangguan pendengaran karena menggunakan metode transmisi gelombang getaran tanpa melalui telinga. Meski disarankan untuk pengguna dengan gangguan pendengaran. Ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Tetap Peka Terhadap Suasana Sekitar

Keunggulan utama lain dari teknologi ini adalah pengguna akan tetap bisa peka terhadap lingkungan atau suasana sekitar. Maka dari itu, bone conduction headphone cocok dan aman digunakan di lingkungan yang ramai.

Contohnya, bone conduction headphone cocok digunakan untuk pelari yang ingin berlari di lingkungan ramai seperti jalan raya. Pelari akan tetap peka dengan suara klakson kendaraan dan suara orang-orang di sekitarnya sehingga terhindar dari celaka dan bahaya yang tidak diinginkan. 

ONPOINT OpenEar Iron Bone Conduction Headphone


Brand ONPOINT mengeluarkan seri bone conduction headphone bernama OpenEar Iron. OpenEar Iron dirancang khusus agar bisa digunakan di segala aktivitas yang memerlukan gerakan aktif seperti bersepeda, berlari, dan bahkan berenang sekalipun.

OpenEar Iron memiliki level IP68 yang menjadikannya tahan terhadap debu dan 100% waterproof sehingga bisa digunakan untuk berenang dengan waktu yang terbatas. Setiap pembelian ONPOINT OpenEar Iron juga sudah dilengkapi dengan Ear-Plugs untuk berenang. Bone Conduction headphone ini juga bisa disambungkan dengan smart watch tertentu.

Dapatkan ONPOINT OpenEar Iron di aplikasi Cyclopedia. Dapatkan dengan voucher potongan melimpah dan berbagai metode pembayaran.

Beli di sini: ONPOINT OpenEar Iron

Kelebihan dan Keunggulan Bone Conduction Headphone
Cyclopedia Journal
6 June, 2024
Share this post
Sign in to leave a comment