My Cart Items 0
Beberapa Pilihan Olahraga untuk Kembali Bugar Setelah Lebaran
Olahraga yang mengembalikan kebugaran setelah lebaran. Bersepeda, jogging atau lari, berenang, yoga, dan senam.
2 May, 2024 by
Beberapa Pilihan Olahraga untuk Kembali Bugar Setelah Lebaran
Cyclopedia Journal
| No comments yet

Setelah libur panjang dan berkumpul bersama keluarga di momen Lebaran, banyak penggiat olahraga kemungkinan besar berkurang intensitas berolahraganya. Selain karena harus bermudik ria, faktor berpuasa selama sebulan sebelumnya bisa menurunkan stamina karena berkurang jumlah atau intensitas waktu berolahraga.

Berikut beberapa pilihan olahraga untuk mengembalikan kebugaran. Bisa dimulai dengan intensitas olahraga yang ringan agar tubuh tidak kaget dan berujung menyebabkan cedera yang tidak diinginkan.

5 Pilihan Olahraga untuk Mengembalikan Kebugaran

1. Bersepeda


Bersepeda bisa membakar kalori di dalam tubuh yang sudah kita tumpuk di momen Lebaran. Mulailah dengan jarak yang pendek seperti di area sekitar tempat tinggal dan secara perlahan menambah jarak. Idealnya durasi untuk bersepeda adalah 30 menit sampai 60 menit. Dengan sepeda dan perlengkapan yang tepat sesuai dengan penggunaan, manfaat bersepeda akan semakin maksimal untuk tubuh kita. 

Baca juga: Musim Hujan Bisa Tetap Olahraga dengan Jaket Anti Air


2. Jogging atau Lari


Ilustrasi oleh Freepik

Olahraga kardio ini merupakan olahraga yang menjadi pilihan banyak orang dari berbagai kalangan. Karena tidak membutuhkan banyak peralatan dan hanya membutuhkan sepatu lari yang pas untuk kaki, berlari atau jogging menjadi pilihan favorit banyak orang.

Bagi orang yang sudah lama tidak berolahraga, bisa memulai dengan jalan lalu jogging sehingga tubuh tidak kaget. Dengan seiring waktu bisa menambahkan intensitas lari seperti menambah kecepatan dan juga durasi waktu berlari.

Baca juga: Tips Penting! Meningkatkan Stamina Agar Tidak Mudah Lelah


3. Berenang


Ilustrasi oleh Pexels

Olahraga ini juga salah satu olahraga yang disarankan untuk membakar kalori. Berenang bisa memaksimalkan pembakaran kalori karena setiap bagian tubuh bergerak ketika berenang. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk pembentukan otot serta untuk melatih pernafasan.


4. Yoga


Ilustrasi oleh Pexel

Yoga adalah pilihan lain yang bisa dilakukan baik di rumah atau tempat khusus dengan personal trainer. Manfaat yang didapatkan dari yoga sangat banyak seperti meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dan ketahanan tubuh. Yoga juga bisa dilakukan sebagai sarana untuk melatih ketenangan batin dan mental. Dengan gerakan yang perlahan namun on point, yoga dapat membuat kita lebih rileks.


5. Senam


Ilustrasi oleh Dotshock

Senam merupakan olahraga yang dikenal asik dan seru untuk dilakukan. Senam merupakan olahraga yang diiringi musik dan biasanya dilakukan bersama orang lain. Olahraga ini bisa dilakukan untuk membakar kalori serta melatih kecepatan gerak tubuh. Selain itu, dengan berolahraga sambil mendengarkan hentakan musik serta diiringi semangat orang-orang di sekitar dapat mengurangi tingkat stres.


Itu tadi beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan setelah lebaran untuk mengembalikan kebugaran dan dapat membantu membakar kalori. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga di atas agar tubuh siap melakukan kegiatan olahraga tersebut. Lengkapi diri dengan peralatan yang memadai seperti sepatu lari, sepeda, dan perlengkapan lainnya seperti botol minum agar tetap terhidrasi.

Beberapa Pilihan Olahraga untuk Kembali Bugar Setelah Lebaran
Cyclopedia Journal
2 May, 2024
Share this post
Sign in to leave a comment